Tiga mahasiswa Keperawatan Unand ikuti pertukaran pelajar di Malaysia

id keperawatan, berita padang, berita sumbar

Tiga mahasiswa Keperawatan Unand ikuti pertukaran pelajar di Malaysia

Pelepasan mahasiswa Keperawatan Unand mengikuti Program Credit Earning ke Malaysia. (Antara/HO-Keperawatan Unand)

Padang (ANTARA) - Tiga mahasiswa Keperawatan Universitas Andalas (Unand) Padang mengikuti program pertukaran pelajar di Malaysia melalui program Credit Earning.

Dekan Fakultas Keperawatan Unand Hema Malini, Ph.D melalui siaran pers yang diterima di Padang, Senin mengatakan pihaknya terus mencoba menciptakan lulusan sarjana yang dapat bersaing secara global dengan memberikan berbagai jenis program pertukaran untuk menunjang pengembangan ilmu pengetahuan dan pertukaran budaya, salah satunya melalui program Credit Earning.

Ia menjelaskan program Credit Earning merupakan program pengampuan mata kuliah (sks) bekerja sama dengan perguruan tinggi lain baik dalam maupun luar negeri.

"Program ini diberikan oleh Universitas Andalas sebagai bentuk akselerasi internasionalisasi dan capacity building perguruan tinggi serta menuju World Class University," kata dia

Sejalan dengan tujuan ini, Unand dan Fakultas Keperawatan memberikan kesempatan kepada mahasiswa dapat mengikuti program kredit mata kuliah di salah satu universitas terbaik yang ada di Asia Tenggara.

Tiga mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas yang mengikuti program tersebut yaitu Fitria Rahmi Meilani, Nurlita Sholatul Aini, dan Luthfiah Khairunnisa Syadri.

Program Credit Earning bekerja sama langsung dengan kampus yang terdaftar sebagai 70 besar Universitas Terkemuka menurut QS Word University Ranking, yaitu University Malaya.

Melalui program ini, mahasiswa Fakultas Keperawatan akan mendapatkan pengalaman belajar praktik lapangan secara langsung di rumah sakit pendidikan miliki University Malaya yaitu University Malaya Medical Centre, kata dia.

Dari program ini, ia berharap mahasiswa Fakultas keperawatan dapat berwawasan internasional dan siap menjadi sarjana yang berdaya saing global.

Tiga mahasiswa Fakultas Keperawatan akan menjalani program ini selama tiga bulan dengan kredit mata kuliah sebanyak 16 sks.

Mata kuliah yang diampu antara lain Obstetric and Gynecology Nursing, Paediatric Nursing, Nursing Research, dan, Professionalism and Legal Aspect.

Ketiga mahasiswa Fakultas Keperawatan dibiayai penuh oleh Universitas Andalas bersama dengan Fakultas Keperawatan.

Partisipasi mahasiswa dalam program ini diharapkan dapat mengharumkan nama Universitas Andalas dan Fakultas Keperawatan di kancah internasional serta memberikan hasil yang maksimal untuk menjadi sarjana keperawatan yang inovatif dan berdaya saing global.