PASI Sumbar sambut positif kehadiran lintasan atletik UNP

id PASI Sumbar,Berita sumbar,Berita padang,DBON,lintasan atletik UNP

PASI Sumbar sambut positif kehadiran lintasan atletik UNP

Ketua PASI Sumbar Sengaja Budi Sukur

Padang (ANTARA) - Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumatera Barat menyambut positif kehadiran lintasan atletik internasional Universitas Negeri Padang (UNP) yang diresmikan Menpora Zainudin Amali pada Kamis (3/11).

Ketua PASI Sumbar Sengaja Budi Sukur di Padang, Jumat mengatakan kehadiran lintasan yang dibangun senilai Rp19,7 miliar ini sebagai bentuk kepedulian UNP terhadap dunia olahrgaa khususnya atletik.

Menurut dia kehadiran lintasan atletik berstandar internasional ini akan memotivasi atlet untuk berlatih dengan fasilitas sebaik ini, meski atletik sebelumnya terus berkontribusi memberikan medali saat PON.

"PON Papua kita dapat dua emas dan dengan adanya lintasan ini tentu memompa semangat dan menargetkan tiga emas," kata dia.

Ia mengatakan kehadiran lintasan ini, pihaknya akan mengajukan Kejuaraan Nasional Atletik di Kota Padang sebagai bentuk pemanfaatan sarana ini.

"KIta ajukan untuk pra kualifikasi di lintasan ini untuk masuk ke PON Aceh Sumut," kata dia.

Menurut dia fasilitas atletik UNP ini sudah memenuhi standar internasional yang dimiliki saat ini karena UNP dalam melakukan pembangunan selalu melibatkan tenaga teknis dari PB PASI dan Pengprov PASI Sumbar.

Selama ini ketika cabang atletik menggelar pemusatan latihan di daerah lain karena fasilitas di Sumbar yang tidak memadai dan alhamdulillah dengan adanya fasilitas ini membuat pihaknya akan fokus latihan di sini.

Menurut dia dijadikan UNP sebagai sentra pelatihan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) membuat PASI Sumbar seolah mendapatkan darah segar untuk meraih prestasi maksimal.

Adanya program Kemenpora yang menggandeng kampus melaksanakan DBON membuat cabang olahraga akan lebih mudah karena mereka dapat bekerja sama dengan kampus untuk mencetak atlet berprestasi.

"Ini bukan persaingan namun cabor harus mengambil manfaat karena kampus memiliki fasilitas, laboratorium olahraga, sumber daya manusia dan lainnya. Cabang olahraga harus segera berkomunikasi dengan kampus sebagai sentra olahraga sesuai cabang olahraga yang mereka miliki," kata dia.

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali meresmikan lintasan atletik berstandar internasional di Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat pada Kamis (3/11).

"Lintasan ini sangat bagus dan berstandar internasional. Kita sudah resmikan dan coba lakukan peninjauan secara langsung, hasilnya memang bagus dan menjadi lintasan standar internasional pertama di Sumbar," kata dia.

Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri mengatakan lintasan ini tentu akan memicu tingkatkan prestasi Sumbar terutama di bidang atletik.

"Mudah-mudahan lintasan ini mendapatkan perawatan yang baik dan pengelola disiplin menggunakan sarana olahraga agar perawatan bisa berjalan optimal dan dimanfaatkan dengan baik karena ini merupakan aset negara," kata dia.