Bupati: pergunakan bantuan beasiswa Baznas sesuai kebutuhan

id Baznas, beasiswa, bupati

Bupati: pergunakan bantuan beasiswa Baznas sesuai kebutuhan

Bupati Rusma Yul Anwar menyerahkan secara simbolis beasiswa dari zakat yang dihumpun Baznas Kabupaten Pesisir Selatan. (ANTARA/HO)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengingatkan para mahasiswa yang menerima bantuan beasiswa dari Beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pesisir Selatan, agar mempergunakan sesuai dengan kebutuhan dalam menunjang kelangsungan pendidikan.

Hal itu disampaikan bupati pada penyerahan secara simbolis Bantuan Beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pesisir Selatan kepada Mahasiswa di Painan Convention Center, Selasa.

Turut hadir dalam kesempatan itu, jajaran pengurus Baznas Pesisir Selatan, Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Pesisir Selatan.

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengatakan bantuan beasiswa untuk membantu meringankan biaya kuliah bagi Mahasiswa kurang mampu yang disalurkan oleh Baznas itu adalah zakat dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pessel.

"Saya berharap bantuan beasiswa yang disalurkan ini agar dipergunakan sesuai dengan kebutuhannya. Sebab bantuan beasiswa yang disalurkan kepada mahasiswa itu, sasarannya memang mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu,” katanya.

Bupati berharap agar mahasiswa lebih giat dan sungguh-sungguh menjalani kegiatan perkuliahan agar berhasil mencapai cita cita, sebab keberhasilan seseorang itu tergantung pada dirinya sendiri.

“Jika ingin berhasil dan sukses, maka kita harus belajar lebih giat dan sungguh-sungguh. Sebab keberhasilan itu memang tergantung dari diri sendiri,” sarannya.

Ketua Baznas Pesisir Selatan dalam sambutannya menyampaikan, pada tahun 2022 Baznas menyalurkan bantuan beasiswa sebanyak 900 mahasiswa dari sebanyaka 1.674 proposal yang masuk ke Baznas.

"Dari verifikasi yang dilakukan di antaranya terdapat ada yang tidak memenuhi persyaratan dan juga faktor keterbatasan kemampuan keuangan, maka yang terkabul hanya sebanyak 900 orang. Sisanya akan diupayakan pada tahun 2023,” ujarnya.

Dengan ketersediaan dana zakat di Baznas Pesisir Selatan, maka alokasi setiap masing-masing ahasiswa mendapatkan Rp 1,5 juta, dan kalau diakumulasi seluruhnya senilai Rp1,350,000,000, (Satu miliar tiga ratus lima puluh juta).

Ia melanjutkan, mahasiswa yang mendapat beasiswa itu adalah mereka yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu, kuliah di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Sumatera Barat seperti UIN, UNAND, UPI, UNP, UNES, STKIP, dan liannya.

"Selain beasiswa untuk mahasiswa yang kuliah di luar daerah, Baznas juga menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa yang kuliah dalam daerah sebanyak 162 orang dengan masing-masing bantuan sebesar Rp1 juta," ungkapnya.

Selain penyalauran beasiswa, Baznas Pesisir Selatan telah merehab Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 120 unit dari target 100 unit dengan anggaran dana masing-masing rumah Rp20 juta.*