Sekda minta pendataan Regsosek di Pessel berjalan baik

id Regsosek, Sekda, pendataan

Sekda minta pendataan Regsosek di Pessel berjalan baik

Regsosek dimulai Pessel dan diharapkan berjalan baik, kata Sekda Mawardi Roska. (ANTARA/HO)

Painan (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska berharap kegiatan pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022 dapat berjalan dengan baik, tentu diperlukan dukungan masyarakat dengan memberikan data yang sebenarnya.

"Pendataan Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan," ungkap Sekda Mawardi Roska di Painan pada 28 Oktober 2022.

Tujuan Regsosek, kata Mawardi, sebagai upaya pemerintah dalam rangka untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data. Dengan menggunakan data tunggal tersebut, maka pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien ke depan.

Data Regsosek itu dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan.

Menurutnya, Regsosek penting untuk segera dilakukan karena masih terbatasnya cakupan data sosial ekonomi penduduk yang ada, yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh program dan layanan kepada masyarakat.

Sekda meminta kepada petugas dan para pemangku kepentingan yang terlibat dalam kegiatan Regsosek itu untuk benar-benar melakukan pedataan tanpa adanya tumpang tindi terhadap masyarakat, sehingga nanti mendapatkan data yang apa adanya.

"Kita berharap kepada petugas dan stakeholder yang terlibat dalam kegiatan Regsosek itu untuk benar-benar real melakukan pendataan tanpa adanya tumpang tindih terhadap masyarakat, sehingga nanti mendapatkan data yang apa adanya," katanya.