KPU kenalkan pendidikan pemilih bagi pelajar di Bukittinggi

id KPU Kota Bukittinggi,pendidikan pemilih di SMA,Berita Bukittinggi,Pemilu 2024

KPU kenalkan pendidikan pemilih bagi pelajar di Bukittinggi

Komisioner KPU Kota Bukittinggi, Yasrul. KPU memberikan pendidikan pemilih di SMA sederajat di daerah setempat untuk memberikan edukasi dasar sistem pemilihan di negara demokrasi (Antara/Alfatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat melakukan sosialisasi pendidikan pemilih bagi pelajar di daerah setempat, Jumat, kegiatan dilakukan sebagai proses edukasi dasar sistem demokrasi di Indonesia.

Sosialisasi dilakukan saat KPU juga menjalankan tugas verifikasi faktual (Verfak) ke seluruh partai politik yang ada di Kota Bukittinggi.

"Tujuan kegiatan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada siswa bahwasanya pemilu itu merupakan hal yg penting dilaksanakan dalam negara demokrasi," kata Komisioner KPU, Yasrul.

Ia mengatakan KPU Kota Bukittinggi memberikan sosialisasi Pendidikan Pemilih diisi dengan dua hal penting bagi pelajar yang menjadi pemilih nantinya.

Pertama, perlunya peningkatan partisipasi pemilih melalui pemilih pemula di sekolah dan kampus bagi pemilih yang sudah berusia 17 tahun ke atas.

"Selanjutnya, pendidikan pemilih dalam melaksanakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS atau OSIM dengan sistem Pemilu," katanya.

Ia menambahkan harapannya agar setiap warga negara bisa mengenal, memahami dan melaksanakan sistem demokrasi di Indonesia sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku sejak usia muda.

Yasrul menyebut sosialisasi pendidikan pemilih diberikan di seluruh sekolah menengah atas bergantian yang dipimpin masing-masing komisioner KPU.

Dalam kegiatan Verfak ia mengatakan proses masih berlangsung hingga Jumat (04/11) nanti untuk memastikan kevalidan data masing-masing Parpol di Bukittinggi.

"Memang ada beberapa tantangan di lapangan saat Verfak, seperti tidak ditemukannya KTA atau orang yang diklaim sebagai anggota Parpol, semoga bisa nanti selesai dengan baik hingga akhir batas waktu yang ditentukan," pungkasnya.