KAN Ujung Gading Pasbar raih terbaik dua se-Sumbar

id Kan terbaik, kan juara II sumbar

KAN Ujung Gading Pasbar raih terbaik dua se-Sumbar

KAN Ujung Gading  Pasbar meraih terbaik dua dalam penilaian KAN se-Sumbar.  (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) -

Kerapatan Adat Nagari (KAN) Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat ditetapkan sebagai KAN Terbaik II tingkat provinsi tahun 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN), Randy Hendrawan di Simpang Empat, Minggu mengatakan penetapan pemenang penilaian KAN tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Sumbar Nomor 410-754-2022, 13 Oktober 2022 lalu.

Menurutnya penilaian Kerapatan Adat Nagari (KAN) itu dilakukan dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi KAN sebagai organisasi ninik mamak penghulu yang bertujuan memasyarakatkan nilai-nilai adat di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

"Penilaian KAN terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Barat telah dilakukan oleh tim penilai pada beberapa waktu lalu," katanya.

Ia menyebutkan KAN Ujung Gading mewakili Pasaman Barat terpilih sebagai terbaik II se- Sumbar tahun 2022.

"Terima kasih telah menyiapkan secara maksimal dalam penilaian ini. Terima kasih juga kepada semua jajaran pimpinan," katanya.

Dengan adanya penilaian KAN itu, kata dia, memperlihatkan jalannya organisasi KAN dan bagaimana penyelenggaraan KAN sesuai adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah.

Ia mengatakan aspek penilaian meliputi aspek kelembagaan, aspek penyelenggaraan adat, aspek kompetensi, serta aspek kerjasama antar lembaga.

Program ini juga didukung oleh Pemkab Pasaman Barat di bawah kepemimpinan Bupati Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto.

Ia menambahkan dengan diraihnya KAN Ujung Gading sebagai pemenang terbaik kedua se-Sumbar tersebut, bisa memotivasi KAN nagari lainnya di Pasaman Barat.

" KAN adalah lembaga perwakilan permusyawaratan dan permufakatan adat tertinggi, yang telah ada dan diwarisi secara turun-temurun di tengah-tengah masyarakat nagari di Sumatera Barat," katanya.***3***