BTN buka KCP di Pariaman manfaatkan potensi pertumbuhan ekonomi daerah

id bank tabungan negara,pariaman

BTN buka KCP di Pariaman manfaatkan potensi pertumbuhan ekonomi daerah

Ketua DPRD Pariaman, Sumbar Fitri Nora memotong tali balon pertanda diresmikannya BTN KCP Pariaman. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

Pariaman (ANTARA) - Perseroan Terbatas Bank Tabungan Negara (PT. BTN) membuka Kantor Cabang Pembantu (KCP) di Kota Pariaman, Sumatera Barat guna mendekatkan pelayanan perbankan kepada nasbah serta memanfaatkan potensi pertumbuhan ekonomi di daerah itu.

"KCP Pariaman merupakan KCP ke tujuh di Sumbar yang akan melayani empat daerah yaitu Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Agam, dan Pasaman Barat," kata Kepala Kantor Regional IV PT. BTN Muhammad Amin Sholeh di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan dibukanya KCP tersebut kerena melihat potensi wilayah kerjanya yang besar yaitu mencapai 1,2 juta jiwa yang tentunya masih banyak yang belum memiliki rumah serta pertumbuhan ekonomi daerah yang baik.

Dengan peluang tersebut, lanjutnya pihaknya nantinya dapat menawarkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bersubsidi kepada masyarakat yang memiliki penghasilan di bawah Rp6 juta perbulan.

Meskipun, lanjutnya BTN identik dengan KPR bersubsidi namun bank badan usaha milik negara tersebut juga menawarkan layanan perbankan lainnya salah satunya kredit untuk modal usaha mikro kecil menengah.

Kepala BTN KCP Pariaman Yegha Ferdana mengatakan dibukanya KCP di daerah itu karena selain pertumbuhan ekonomi daerah yang meningkat juga karena banyaknya pengembang yang berasal dari kota itu dan kabupaten tetangga yang meminta mendekatkan layanan.

Ia menyampaikan layanan KCP tersebut selain melayani KPR bersubsidi juga memiliki layanan yang sama dengan bank lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan ekonomi di daerah itu meningkatnya karena upaya yang dilakukan bersama pemangku kepentingan serta warga setempat.

Hal tersebut tidak terlepas dari Pariaman yang merupakan salah satu pusat ekonomi masyarakat serta menjadi kota jasa, dagang, dan pariwisata.

Selain itu banyak perantau asal Pariaman yang mulai tertarik berinvestasi di daerah itu dengan berbagi bidang usaha sehingga membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah itu.

"Nah dengan dibukanya BTN KCP Pariaman ini maka membuktikan pertumbuhan ekonomi daerah yang pesat serta Pariaman kota layak investasi," ujarnya.