DLH Solok berikan pelatihan olah sampah organik ke peserta Jamnas 0310 Pramuka Kota Solok

id DLH Solok, berikan pelatihan, olah sampah organik, ke peserta Jamnas, 0310, Pramuka Kota Solok

DLH Solok berikan pelatihan olah sampah organik ke peserta Jamnas 0310 Pramuka Kota Solok

Kegiatan Sosialisasi pengolahan sampah (ANTARA/HO-Pramuka Kota Solok)

Solok (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok memberikan materi tentang pengolahan sampah organik kepada peserta Jambore Nasional (Jamnas) Kwartir Cabang 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok di Taman Rongsokan TPA Kota Solok.

Kasi Sarana dan Prasarana Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok Dahwirman di Solok, Minggu memberikan materi kepada adik-adik peserta Jamnas tentang macam-macam sampah, mana sampah organik dan mana yang sampah anorganik.

Kegiatan tersebut bertujuan agar nantinya adik-adik pramuka Kota Solok di bumi perkemahan Cibubur tidak lagi membuang sampah sembarangan. Bahkan diharapkan bukan di arena Jamnas saja, tetapi juga bisa diterapkan di sekolah, di rumah, dan tempat-tempat umum lainnya.

Karena panitia dan pemerintah setempat telah menyediakan tempat sampah yang berbeda-beda warnanya, jadi mereka bisa paham untuk membuang sampah sesuai pada tempatnya.

"Setelah itu adik-adik kita ajak dalam proses pengolahan sampah organik seperti sisa-sisa sayuran yang dibuang pedagang di pasar raya solok kita jadikan pupuk kompos,” kata dia.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Safari Camp peserta Jamnas untuk meningkatkan karakter adik-adik dan menumbuhkan jiwa selalu cinta terhadap alam dan lingkungan.

Peserta berkemah dan bermalam di Taman Rongsokan, paginya mengikuti materi yang disampaikan oleh Kak Dahwirman dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok tentang jenis-jenis sampah dan pegolahan kompos.

Setelah menerima materi yang disampaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup, peserta bergerak untuk melanjutkan perjalanan menuju lokasi sesuai rute dan tugas yang telah diberikan oleh Kakak-kakak panitia melalui Aplikasi.