Kajari Sawahlunto lakukan kegiatan sosial syukuri Hari Bhakti Adhyaksa ke-62

id Kajari Sawahlunto,Ikatan Adhyaksa Dharmakarini,Hari Bhakti Adhyaksa,Berita sawahlunto

Kajari Sawahlunto lakukan kegiatan sosial syukuri Hari Bhakti Adhyaksa ke-62

Kajari Sawahlunto Abdul Mubin dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Sawahlunto Ny. Tika Abdul Mubin ketika menyerahkan bantuan kepada panti asuhan, Kamis. (Antarasumbar/Yudha Ahada)

Sawahlunto (ANTARA) - Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, mensyukuri momen Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 tahun dengan sejumlah kegiatan sosial dan kegiatan meningkatkan silahturrahmi.

Kepala Kajari Sawahlunto Abdul Mubin, di Sawahlunto, Jum'at, menyampaikan untuk kegiatan sosial yang dilaksanakan yaitu memberikan bantuan kepada Yayasan Panti Asuhan, Yayasan Penyantun Anak Cacat, warga sekitar dan ziarah ke makam pahlawan.

"Setelah itu di lingkungan Kajari Sawahlunto kami berbagi dengan memberikan bantuan sembako kepada Tenaga Harian Lepas (THL), hadiah untuk putra-putri pegawai Kajari yang berprestasi di sekolah dan bingkisan untuk pensiunan/purna kejaksaan. Kegiatan sosial ini kita lakukan melalui Ikatan Adhyaksa Dharmakarini yaitu persatuan istri dari pegawai Kejaksaan," kata dia.

Ia menjelaskan untuk Panti Asuhan yang dibantu tersebut yakni Yayasan Panti Asuhan Mudik Air, dimana Ikatan Adhyaksa Dharmakarini dan perwakilan Kajari datang langsung ke sana untuk menyerahkan bantuan.

Sementara untuk kegiatan silahturahmi disampaikan Abdul Mubin diselenggarakan dengan syukuran, makan bersama, pembagian hadiah door prize dan makan bersama.

"Selain dalam rangka mensyukuri HUT, kegiatan ini juga sesuai dengan tema Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-62 tahun yaitu kepastian hukum yang humanis menuju pemulihan ekonomi. Tak lain ini wujud nyata hadirnya kejaksaan di masyarakat tidak hanya menjalankan peran mengawasi dan menegakkan regulasi/hukum namun juga peka dan mampu berbagi membantu masyarakat," kata dia.

Diharapkannya, bantuan yang diserahkan tersebut bisa meringankan biaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, termasuk bagi anak-anak adalah untuk meringankan biaya kebutuhan pendidikan.

Kemudian pada momen Hari Bhakti Adhyaksa, Abdul Mubin mengajak jajarannya agar mampu menjaga kepercayaan masyarakat.

"Sekarang dari hasil survei nasional mengenai evaluasi publik terhadap kinerja pemerintah dalam bidang ekonomi, politik, penegakan hukum dan pemberantasan korupsi pada Juni 2022 itu kepercayaan publik pada kejaksaan menempati urutan keempat dengan capaian 74,5 persen. Artinya ada kepercayaan yang bagus pada Kejaksaan, jadi sekarang bagaimana kita bisa menjaga dan meningkatkan itu," kata dia.