PT TKDN dukung layanan Trans Padang lewat perangkat canggih

id PT TKDN,Trans Padang,of Things TKDN Advance Mobility,Berita sumbar,Berita padang,Trans padang rute Pusat Kota-Indarung

PT TKDN dukung layanan Trans Padang lewat perangkat canggih

Pengemudi Trans Padang bersiap membawa kendaraan usai peluncuran koridor V rute Pusat Kota-Indarung (Antara/HO)

Padang (ANTARA) - PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN) mendukung layanan bus Trans Padang dengan menyediakan perangkat Internet of Things TKDN Advance Mobility atau TAM Fleet yang dapat meminimalkan risiko kecelakaan lalu lintas.

"PT TKDN bekerja sama dengan operator Trans Padang menyediakan alat-alat Internet of Things TKDN Advance Mobility (TAM) Fleet, berfungsi sebagai sensor dan pengawasan pengemudi untuk meningkatkan keselamatan penumpang dan armada," ujar Presiden Direktur PT TKDN David Santoso di Padang, Jumat usai peluncuran Bus TransPadang Koridor V rute Pusat Kota - Indarung.

Menurut dia PT TKDN bersama BUMD Padang Sejahtera Mandiri (PSM) selaku operator bus Trans Padang bekerja sama untuk penyediaan perangkat telematika berbasis IoT (TAM Fleet) di armada Trans Padang.

"Alat tersebut berupa IoT diantaranya MDVR, CCTV, Driver Safety Monitoring (DSM), Advanced Driver Assistance System (ADAS), Rearcam dan Blackbox," ujarnya

Ia menyampaikan kedua pihak sepakat untuk melakukan kerja sama selama satu tahun untuk perangkat IoT TAM Fleet dan termasuk layanan platform fleet management system untuk pengawasan dan dashboard laporan perjalanan armada.

Selain bekerja sama dengan operator Trans Padang, PT TKDN juga melakukan kerjasama dengan Perum PPD.

“Sesuai komitmen kami, akan terus fokus dan mendorong dunia transportasi lebih baik kedepannya dengan membawakan teknologi terkini khususnya di transportasi darat,” kata dia.

Sementara Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan pada koridor V telah disediakan 10 unit bus Trans Padang, dan akan terus ditambah untuk memaksimalkan pelayanan transportasi publik.

Trans Padang beroperasi setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB dengan tarif Rp 1.500 untuk anak-anak dan dan Rp 3.000 untuk umum atau orang dewasa.

PT TKDN didirikan pada 2016 dan hadir untuk memberikan solusi sistem layanan untuk transportasi dan armada dengan menggabungkan teknologi terbaru pada sektor transportasi, dan mendukung Smart City.