DistanPessel: 46 ekor sapi sudah sembuh dari PMK

id sapi

DistanPessel: 46 ekor sapi sudah sembuh dari PMK

Ilustrasi-Peternakan dan Kesehatan Hewan melaksanakan vaksinasi tahap pertama untuk delapan ekor sapi dan 10 ekor domba yang berada di Peternakan Ruminasia. (ANTARA/HO)

Painan (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mencatat sudah sebanyak 46 ekor sapi yang sembuh dari Penyakit Kuku dan Mata (PMK) dari jumlah terdeteksi sakit 177 ekor.

Berdasarkan data per awal Juli 2022, tercatat sebanyak 177 ekor sapi yang sakit ditemui dilapangan, dan 46 ekor di antaranya sudah sembuh, kata Kepala Dinas Pertanian Pesisir Selatan Mardianto, seperti dirilis situs resmi pesisirselatankab.go.id.

Upaya yang dilakukan dalam pencegahan PMK, pihaknya telah melakukan vaksin ke 400 ekor sapi di kabupaten itu, sesuai dosis yang diberj Kementan RI.

"Jumlah itu berdasarkan dari dosis vaksin PMK yang kita diterima dari Kementan RI. Pemberian vaksin PMK sebanyak 400 dosis telah selesai pada 30 Juni lalu,"ujarnya.

Secara rinci pemberian dosis vaksi PMK itu, meliputi wilayah Puskeswan Lunang Silaut sebanyak 100 ekor, Puskeswan Inderapura sebanyak 100 ekor, Puskeswan Tarusan sebanyak 100 ekor, dan terakhir di Puskeswan Kecamatan IV Jurai 100 ekor.

"Pemberian vaksin itu hanya dilakukan pada hewan atau ternak sapi yang sehat," ujarnya.*