Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh Baruh Bukik ditabuh di Tanah Datar

id Tanah Datar,Sumbar,budaya

Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh Baruh Bukik ditabuh di Tanah Datar

Perhelatan Sepekan Alek Nagari Andaleh Baruh Bukik, Tanah Datar (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Perhelatan Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh Baruah Bukik berawal dari warisan budaya yang turun temurun yang telah mengangkat Pariwisata di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Wali Nagari Andaleh Baruh Bukik Albayani Dt. Paduko Besar di Batusangkar Kamis, mengatakan untuk tahun ini Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh Baruah Bukik digelar mulai pada 4 Mei hingga puncak acara pada 10 Mei 2022.

"Kegiatan Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh Baruah Bukik ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat baik dikampung maupun dari perantauan, yang nantinya akan menampilkan kesenian dan budaya-budaya lokal Minangkabau," katanya.

Ia mengatakan berbagai kesenian Minang dan budaya lokal yang akan ditampilkan pada kegiatan tersebut diantaranya pencak silat, tari piriang dabuih, lukah gilo, dan manusia yang dibaluti ijuk (simuntu) yang akan ditampilkan oleh sanggar sanggar seni yang ada di Nagari Andaleh Baruh Bukik.

"Kami berharap Sepekan Alek Anak Nagari ini menjadi destinasi tujuan bagi wisatawan yang berkunjung ke Tanah Datar," katanya.

Koreografer tari dari sanggar tari Sari Bunian Yenni Eliza mengatakan pada Sepekan Alek Anak Nagari juga dimeriahkan anak-anak tari yang akan menampilkan tari kolosal.

Tarian kolosal itu mengangkat tema budaya lokal masyarakat Andaleh Baruah Bukik tempo dulu bekerja sama dengan mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.

Pada perhelatan tersebut juga disediakan lokasi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berjualan dagangannya.

"Karena kegiatan ini tujuannya selain meningkatkan kunjungan wisatawan juga meningkatkan nilai ekonomi masyarakat setempat. Untuk kami menyediakan kurang lebih 20 tenda untuk pedagang," katanya.

Sebelumnya Rabu, (4/5) Bupati Tanah Datar, Eka Putra membuka secara resmi ditandai dengan pemukulan Gendang didampingi Ketua TPP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Kepala Dinas Pariwisata Provins Luhur Budianda, Kepala Dinas Pariwisata Tanah Datar Agung Indrianto dan perwakilan lainnya.

Bupati merasa bangga kepada masyarakat Nagari Andaleh Baruh Bukik yang telah rutin setiap tahun menggelar event Sepekan Alek Nagari Andaleh Baruh Bukik.

Berdasarkan potensi dan sejarahnya yang panjang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar telah menetapkan Sepekan Alek Nagari Andaleh Baruh Bukik sebagai salah satu nagari yang melaksanakan Satu Nagari Satu Event pada 2022 dari 14 Nagari yang telah ditetapkan.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2022