BAZNas Sawahlunto beri penghargaan untuk muzakki

id Baznas sawahlunto,Berita sawahlunto

BAZNas Sawahlunto beri penghargaan untuk muzakki

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyerahkan penghargaan dari BAZNas kepada perwakilan PT. AIC yang menjadi perusahaan swasta paling aktif membayar zakat melalui BAZNas, Kamis. (Antarasumbar/Yudha Ahada)

Sawahlunto (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, memberikan penghargaan kepada muzakki (wajib zakat) perorangan dan lembaga yang telah berkontribusi mendukung program 'Sawahlunto Cinta Zakat'.

Ketua BAZNas Sawahlunto, Edrizon Effendi, di Sawahlunto, Kamis, mengatakan penghargaan itu sebagian wujud apresiasi dan terima kasih BAZNas untuk para muzakki yang telah mempercayakan pembayaran zakatnya melalui BAZNas.

"Sertifikat penghargaan itu kita serahkan langsung pada Kamis (21/04) tadi di Hall Ombilin. Bertepatan juga momennya dengan penyaluran zakat kepada mustahiq pada bulan April ini, " kata dia.

Ia merinci kategori dari penerima penghargaan itu yakni ; Kepala Daerah pendukung dan peduli zakat, infak dan shadaqah yang diberikan kepada Wali Kota Deri Asta, kemudian BUMN peduli zakat dan pendukung kegiatan BAZNas yang diberikan kepada PT. Bukit Asam Pertambangan Ombilin, setelah itu perusahaan swasta yang paling aktif membayar dan menyalurkan zakat melalui BAZnas yang diberikan kepada PT. AIC.

"Kemudian Unit Pengumpul Zakat (UPZ) paling tertib administrasi diterima oleh Kanwil Kemenag Sawahlunto, setelah itu layanan pembayaran zakat terbaik I melalui teknologi informasi perbankan diberikan kepada Bank Nagari Cabang Sawahlunto. Sementara layanan pembayaran zakat terbaik II melalui teknologi informasi perbankan diberikan kepada Bank Mandiri Cabang Sawahlunto," ujar dia merinci.

Setelah itu layanan pembayaran zakat terbaik III melalui teknologi informasi perbankan diberikan kepada Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Sawahlunto, kemudian UPZ paling aktif mengumpulkan zakat infak dan sedekah di lingkungan instansi pemerintahan diberikan kepada Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto.

"Kemudian terbaik I muzakki individu diberikan kepada Henni Purwaningsih. Terbaik rekanan BAZNas di bidang retail diberikan kepada Minimarket Sungkono, setelah itu muzakki millenial terbaik diberikan kepada Hakri Pradipa Negara," ujar Edrizon merinci.

"Setelah itu peringkat II UPZ paling aktif mengumpulkan zakat infaq dan sedekah di lingkungan instansi pemerintah diberikan kepada Setdako Sawahlunto, " kata dia.

Edrizon menyebut dengan partisipasi yang baik dari para muzakki, sampai pada April 2022 ini BAZNas telah mengumpulkan zakat sebanyak Rp600 juta.

Dalam kesempatan penyerahan penghargaan kepada muzakki itu, disalurkan zakat kepada 177 orang mustahiq dengan jumlah zakat sebesar Rp295.050.000,-.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengapresiasi program penghargaan yang diselenggarakan BAZNas itu.

"Semoga ini menjadi motivasi bagi kita bersama untuk lebih bersemangat dan rajin membayarkan zakat melalui BAZNas," katanya