RSAM Bukittinggi salurkan bantuan korban gempa Pasaman

id berita bukittinggi,berita sumbar,rsam

RSAM Bukittinggi salurkan bantuan korban gempa Pasaman

Dirut RSAM saat mengunjungi pasien korban gempa. (Antarasumbar/Al Fatah)

Total terkumpul Rp43,756 juta,
Bukittinggi (ANTARA) - Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi menggalang dana dari seluruh karyawan dan tenaga kesehatan untuk disalurkan ke korban gempa Pasaman Barat.

Direktur Utama RSAM, Busril menyebut bantuan tahap awal berhasil terkumpul senilai Rp43 juta yang digalang dua hari belakangan dan diantar langsung ke Pasaman.

"Total terkumpul Rp43,756 juta dari seluruh pegawai dan tenaga kesehatan dan langsung kami antarkan ke lokasi bencana di Pasaman Barat dan Pasaman," kata Busril di Pasaman, Selasa.

Bantuan itu, menurutnya dibagi menjadi barang keperluan yang diberikan langsung ke korban bencana dan uang tunai.

"Uang tunai Rp18 Juta kita berikan dan barang kebutuhan darurat seperti beras, keperluan bayi, mie instan dan lainnya," kata dia.

Busril mengatakan pihaknya juga akan memberikan bantuan tahap selanjutnya yang diutamakan berupa obat-obatan serta keperluan medis lainnya.

"Pada tahap awal bantuan ini sekalian kita melakukan pengecekan terhadap keperluan medis apa yang paling dibutuhkan oleh korban gempa," kata Busril.

Menurutnya pihaknya menyatakan siap memberikan bantuan kesehatan sejak awal terjadinya bencana gempa bermagnitudo 6,1 itu.

"Kami tahu dampak psikologis dan masalah kesehatan rentan timbul setelah musibah gempa apalagi korban dari kalangan anak-anak dan orangtua yang mudah terserang penyakit karena hanya bisa tinggal di tenda bantuan," ujarnya.