Wakil Wali Kota Sawahlunto minta Pemkot tingkatkan sinergi dengan provinsi dan pusat

id berita sawahlunto,berita sumbar,wawako

Wakil Wali Kota Sawahlunto minta Pemkot tingkatkan sinergi dengan provinsi dan pusat

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti. (Antarasumbar/Yudha Adaha)

Jika lolos apa yang kita ajukan itu nanti dibantu provinsi atau pemerintah pusat,
Sawahlunto (ANTARA) - Wakil Wali Kota (Wawako) Sawahlunto, Sumatera Barat, Zohirin Sayuti meminta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan sinergi dan koordinasi ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan pemerintah pusat.

Dalam kunjungannya ke Dinas Kebudayaan, Permuseuman dan Peninggalan Bersejarah (DKPB) Sawahlunto, Kamis, Wawako mengatakan salah satu cara untuk menambah dan mempercepat pembangunan di Kota Sawahlunto adalah melalui dana dari provinsi dan pemerintah pusat.

"Jika lolos apa yang kita ajukan itu nanti dibantu provinsi atau pemerintah pusat, itu sangat membantu sekali dalam memaksimalkan pembangunan. Contohnya untuk tahun sekarang Alhamdulillah setelah tahun lalu kita sering roadshow ke berbagai kementerian, itu ada peningkatan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diterima Sawahlunto," kata dia.

Ia menyebut OPD harus pandai mengekspose potensi dari program Pemkot dan mensinergikannya dengan program unggulan Pemprov aupun pemerintah pusat.

"Selain Pemprov dan pemerintah pusat, kita juga mesti menjalin sinergi dengan anggota DPRD Provinsi dan DPR RI yang berasal dari Sawahlunto. Mereka adalah wakil-wakil kita di legislatif yang dapat kita dorong untuk meningkatkan perannya membantu Sawahlunto," katanya.

Iaa juga mengingatkan agar dari dukungan dan bantuan yang telah diberikan oleh Pemprov dan pemerintah pusat, itu harus dilaksanakan dan dijaga dengan baik.

"Kalau sudah dapat kepercayaan didukung dan dibantu, jangan sia-siakan itu, tolong laksanakan dan jaga dengan baik. Sehingga ke depan pemprov dan pemerintah pusat percaya untuk melanjutkan bahkan mau menambah bantuannya," ujar dia mengingatkan.