Unand bantu pengembangan desain media promosi cetak produk UKM

id unand, berita padang, berita sumbar

Unand bantu pengembangan desain media promosi cetak produk UKM

Unand, (Antara/HO-Unand)

Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Padang melalui kegiatan pengabdian masyarakat membantu pengembangan desain media prodmosi cetak produk UKM di Padang.

"Branding produk di masyarakat menjadi penting dan harus dipikirkan, apalagi saat produk sudah dikenal di masyarakat dan sudah familiar maka akan lebih mudah untuk membuat masyarakat melirik produk yang dibuat," kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakar Unand Hanalde Andre di Padang, Jumat,

Menurut dia UKM yang dibantu adalah Dapur Uncu Era bergerak di bidang olahan pangan.

Saat ini banyak restoran atau kafe yang menggunakan konsep unik dan menarik, sehingga UMKM-UMKM harus mampu menciptakan ide kreatif dalam mengembangkan bisnis, katanya.

Hanalde Andre yang merupakan Dosen Unand di bidang Teknik berusaha membantu UMKM Dapur Uncu Era yang bergerak di bidang kuliner untuk dapat mengembangkan usaha mereka, salah satunya dengan cara mengembangkan media promosi mereka.

Hanalde melihat potensi yang bagus untuk UMKM Dapur Uncu Era sehingga tertarik dan membuat desain-desain yang menarik untuk UMKM ini.

"Pemasaran dan promosi adalah hal yang penting dalam mengembangkan UMKM. Konten promosi menjadi strategi pemasaran dimana kita harus mampu merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang mampu menarik perhatian konsumen sehingga mendorong konsumen untuk mengenal produk dan mengajak mereka untuk membeli produk," ujarnya.

Selain itu UMKM harus mampu mempromosikan produk di berbagai macam produk digital, apalagi di masa pandemi ini, karena orang lebih banyak di rumah dan memilih mencari informasi secara digital,

UMKM bisa melakukan promosi melalui akun Instagram, Facebook dan platform media lainnya, katanya.

Selaku ketua Pengabdian Masyarakat ia berharap ke depannya UMKM Dapur Uncu Era mampu bersaing dengan UMKM sejenis dan produk mereka dapat dikenal oleh seluruh masyarakat, sehingga bisa menjadi salah satu makanan oleh-oleh khas Minang.