PSKB bangkitkan semangat Sepakbola Bukittinggi Koto Rang Agam

id pskab,erman safar

PSKB bangkitkan semangat Sepakbola Bukittinggi Koto Rang Agam

PSKB Bukittinggi. (Antara/HO-Dokumen Pribadi)

Bukittinggi (ANTARA) - Persatuan Sepakbola Kota Bukittinggi (PSKB) yang saat ini tengah berkompetisi di Liga 3 Sumatera Barat (Sumbar), menjadi motor pembangkit semangat olahraga khususnya Sepakbola di daerah berjuluk Bukittinggi Koto Rang Agam.

Klub sepakbola kebanggaan Kota Bukittinggi ini, dengan segala kemampuan dan kekurangannya, berhasil unjuk prestasi hingga sampai babak Semifinal Liga 3 Sumbar.

"Prestasi ini melebih target, sebagai klub sepakbola yang baru bangkit kembali, PSKB luar biasa," kata Walikota Bukittinggi, Erman Safar di Bukittinggi, Senin.

Di Babak Semifinal, PSKB harus berhadapan dengan PSP Padang, klub yang dikenal sebagai salah satu tim kuat di ranah Minang yang digelar di Padang Pariaman.

Erman Safar bersama tim memfasilitasi seluruh kebutuhan klub untuk mengarungi Liga 3 Sumbar 2021, tidak tanggung-tanggung, hampir pada setiap pertandingan Wali Kota milenial ini selalu hadir memberi dukungan langsung menjadi supporter bersama Jagad Mania.

Dengan dukungan penuh seperti itu, dalam perjalanannya di pertandingan Liga 3 Sumbar, PSKB mampu menunjukkan performa terbaiknya.

Terbukti pada partai pembukaan grup A Liga 3 Sumbar, PSKB berhasil membantai PSKPS Pasaman dengan skor telak 4-0 yang menjadi modal awal yang sangat baik dan menjanjikan untuk laga berikutnya.

Perjuangan PSKB semakin berat di babak 8 besar, PSKB berada di Grup E bersama Batang Anai FC, Dualipa FC dan Persiju Sijunjung dan berlaga bersama klub-klub besar di Sumbar pada babak 8 besar dengan Padang Pariaman menjadi tuan rumahnya.

Laga perdana pada (18/11), PSKB harus mengakui keunggulan Batang Anai FC dengan skor 0-1, sedikit demi sedikit dengan kembali memupuk semangat dan membangun kekuatan, pada laga kedua (22/11) PSKB mampu menahan imbang Dualipa FC dengan skor 1-1.

Saat itu, banyak yang menyangsikan PSKB mampu meraih tiket ke putaran berikutnya.

"Keep Calm n Trust PSKB (Tetap tenang dan percaya PSKB)" ujar Erman Safar memberi dukungan dan memberikan kepercayaan penuh kepada klub kesayangan warga Bukittinggi Koto Rang Agam itu melalui akun pribadinya saat itu.

Luar biasa memang, pada laga pamungkas yang merupakan laga penentu menuju Semifinal (25/11) PSKB lagi-lagi menunjukkan kualitasnya yang terpendam.

Berlaga di arena tandang PSKB berhasil unggul 2-0 dari Persiju Sijunjung sehingga PSKB menjadi runner up di grup E dan tiket semifinal pun dalam genggaman PSKB.

"Ini capaian luar biasa, banyak pihak menyangsikan PSKB mampu melanjutkan debut di Semifinal, pertandingan kali ini sebagai bukti dan merontokkan semua prediksi itu, PSKB Hebat," katanya.

Kini, PSKB berhadapan dengan tim kuat PSP Padang, meski diatas kertas PSKB berada jauh di bawah PSP Padang, namun itu menjadi pemicu semangat bagi PSKB untuk menjajal kemampuan bertandingnya.

"Kita tetap optimis, bagaimanapun untuk berada di Semifinal ini bukan perkara gampang, ini bukan soal kalah menang, tapi soal bagaimana kita berjuang, di atas kertas kita boleh "underdog", belum tentu di tengah lapang, siapapun punya kans untuk menang," katanya.

Diketahui, untuk mengarungi Liga 3 Sumbar 2021, PSKB ditukangi dua legenda nasional, Gusnedi Adang yang merupakan salah satu pemain PSSI Primavera dan legenda lainnya, Asmawi sebagai pelatih kiper.

Selain itu ada nama Teguh, sebagai asisten pelatih rangkap pemain belakang andalan PSKB yang dimiliki Bukittinggi saat ini, Teguh tercatat beberapa kali menukangi tim PSKB ataupun Porprov Bukittinggi dan pernah berseragam Semen Padang FC U-21 dan Divisi Utama Persisko Bangko.

Tentunya masyarakat Kota Bukittinggi, begitu juga masyarakat Kabupaten Agam berharap PSKB mampu meraih hasil yang terbaik meski PSKB merupakan Persatuan Sepakbola Kota Bukittinggi namun kita ketahui bahwa Bukittinggi Koto Rang Agam dan tidak sedikit Rang Agam yang berperan penting dalam bangkitnya PSKB pada saat sekarang ini.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2022