Unand berikan pengobatan gratis pada masyarakat di Nagari Kambang Utara

id unand, berita padang, berita sumbar

Unand berikan pengobatan gratis pada masyarakat di Nagari Kambang Utara

Pengobatan gratis oleh tim Pengabdian Masyarakat Unand. (Antara/HO-Unand)

Padang (ANTARA) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas (Unand) Padang menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pengobatan gratis kepada masyarakat di Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan.

Ketua kegiatan pengabdian masyarakat Yulizawati, S.ST., M.Keb di Padang, Minggu mengatakan pengobatan dilakukan setelah sebelumnya masyarakat melakukan pemeriksaan.

Pengobatan diberikan sesuai resep dokter berdasarkan keluhan yang dialami oleh masyarakat, ujarnya.

Menurutnya masyarakat terlihat senang dan puas atas kegiatan yang dilakukan. Sebagian besar masyarakat sempat mengeluhkan tidak bisa ke fasilitas kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, dikarenakan tidak mempunyai jaminan kesehatan.

Dengan adanya kegiatan ini mereka mendapatkan banyak manfaat baik dari segi ilmu dan juga praktiknya yaitu pemeriksaan serta pengobatan yang diberikan, ujarnya

Ia menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan oleh 12 orang panitia yang terdiri dari dosen Prodi S1 kebidanan dan pendidikan profesi bidan beserta beberapa mahasiswa.

Kegiatan mengambil tema Pemberdayaan kader kesehatan untuk optimalisasi pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Keluarga Berencana (KB) di masa pandemi COVID-19, sehingga terwujud kehidupan sehat dan sejahtera pada tahun 2030.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2022