Unand latih kader kesehatan soal bayi, balita dan anak

id unand, berita padang, berita sumbar

Unand latih kader kesehatan soal bayi, balita dan anak

Pelatihan kader kesehatan soal bayi, balita dan Anak. (Antara/HO-Unand)

Padang (ANTARA) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyaraka Universitas Andalas (Unand) Padang menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat soal penanganan bayi, balita dan anak bagi kader kesehatan di Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan.

Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat Unand Yulizawati, S.ST., M.Keb di Padang, Minggu menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan oleh 12 orang panitia yang terdiri atas dosen dan mahasiswa.

Mengambil tema “Pemberdayaan kader kesehatan untuk optimalisasi pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Keluarga Berencana (KB) di masa pandemi COVID-19 mewujudkan kehidupan sehat dan sejahtera pada tahun 2030.”

Kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan dan edukasi terkait bayi baru lahir, bayi, balita dan anak, pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita dan deteksi dini permasalahan tumbuh kembang BBL, bayi, balita dan anak diikuti 32 orang kader.

Menurut dia edukasi, pemantauan tumbuh kembang dan deteksi dini pada BBL, bayi, balita dan anak perlu dilakukan karena, jika terdapat masalah bisa langsung segera diatasi tanpa menunda.

Penundaan hanya akan menyebabkan tingkat keparahan akan suatu keadaan yang tidak diharapkan terjadi, kata dia

Untuk itu diharapkan pada masyarakat agar selalu memperhatikan kesehatan khususnya pada anak mereka dimulai dari BBL, bayi, balita, hingga usia anak sekalipun.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2022