Pemkot Bukittinggi siapkan bonus bagi kafilah MTQ berprestasi di tingkat Sumbar

id Bukittinggi,Sumbar,PadangPanjang

Pemkot Bukittinggi siapkan bonus bagi kafilah MTQ berprestasi di tingkat Sumbar

Monumen Al Quran di Padang Panjang ((ANTARA /HO -Diskominfo Padang Panjang)

Bukittinggi (ANTARA) - Pemkot Bukittinggi menyiapkan bonus bagi para kafilahnya yang berhasil meraih juara di ajang MTQ Tingkat Sumbar yang digelar di Kota Padang Panjang tahun ini.

“Untuk nominalnya belum bisa disampaikan karena masih dalam pembahasan anggaran hampir sama dengan MTQ Sumbar tahun 2019 lalu saat Kota Solok jadi tuan rumah yaitu sekitar Rp35 juta,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setdako Bukittinggi Eryanson di Bukittinggi, Minggu.

Eryanson menyebut 59 kafilah yang berlaga untuk 12 cabang perlombaan dalam kondisi prima dan optimistis meraih hasil terbaik.

“Semua kafilah sudah sampai di Padang Panjang dan memulai perlombaan, Alhamdulillah semuanya sehat dan siap tampil,” ujarnya.

Eryanson mengaku pihaknya tidak mematok target muluk-muluk, yang penting bisa membawa posisi Pemkot Bukittinggi bergeser naik peringkat dibanding MTQ Sumbar sebelumnya.

“Dulu 2019, kita finis di posisi tujuh, semoga tahun ini hasilnya lebih baik, segala persiapan sudah dimatangkan tanpa ada kendala apapun,” ujarnya.

Ia mengatakan sejumlah cabang lomba yang menjadi unggulan Pemko Bukittinggi untuk mendulang juara dan semua kafilah yang dibawa adalah putra-putri terbaik Kota Jam Gadang.

“Semua kafilah punya potensi, tapi memang ada harapan lebih untuk beberapa cabang seperti Khatil Quran atau Kaligrafi, Tilawah dan Tahfiz, serta Bintang Kasidah,” jelasnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kurai Bukittinggi, Syukri Hamdi Tuanku Barbanso berharap Kafilah Bukittinggi dapat membawa juara umum ke Kota Wisata.

Sebagai mantan Kafilah MTQ Cabang Tafsir yang pernah berjuang mengharumkan nama Kota Bukittinggi saat berlaga di MTQ tingkat Sumbar tahun 2007, dia optimistis harapan itu bisa terwujud.

“Zaman sudah bergerak maju, banyak cara dan tempat untuk belajar Al Quran di mana saja, terlebih lagi Pak Wali Kota punya semangat keagamaan yang kuat seperti Subuh Berjamaah dan Wirid Korpri, semoga anak-kemenakan Kurai bisa mengharumkan Kota Bukittinggi,” kata dia.