Teknik Elektro Unand latih masyarakat pemanfaatan teknologi multimedia

id pengabdian unand,Berita padang

Teknik Elektro Unand latih masyarakat pemanfaatan teknologi  multimedia

Tim Pengabdian Masyarakat Kelompok Bidang Keahlian Telekomunikasi Jurusan Teknik Eletro Fakultas Teknik Universitas Andalas (Unand) Padang. (ANTARA/HO-Unand)

Padang (ANTARA) - Tim Pengabdian Masyarakat Kelompok Bidang Keahlian Telekomunikasi Jurusan Teknik Eletro Fakultas Teknik Universitas Andalas (Unand) Padang melatih masyarakat memanfaatkan teknologi multimedia.

"Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan dan Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Multimedia di Mushalla Al-Faizin Aie Pacah, Padang," kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik Unand Baharuddin, MT di Padang, Minggu.

Pada kesempatan itu tim pengabdian Fakultas Teknik Unand memfasilitasi pembuatan papan pengumuman berbentuk teks berjalan (running text) dari LED serta pengeras suara di Mushala Al Faizin.

Pihaknya melatih masyarakat tentang bagaimana cara memperbarui informasi ke running text melalui aplikasi android.

Sebelumnya masyarakat setempat hanya menggunakan papan pengumuman yang bersifat manual, sehingga setiap kali ada informasi yang akan diberitakan harus dilakukan dengan menghapus berita lama dan kemudian menulis kembali ke papan tulis pengumuman yang telah tersedia.

Awalnya tim melakukan survei dan berdiskusi dengan warga setempat soal kendala yang dihadapi terkait penggunaan papan pengumuman yang masih manual.

Berdasarkan temuan tersebut, tim KBK Telekomunikasi Jurusan teknik Elektro Unand kemudian memberikan running text berbasis android kepada Mushalla Al-Faizin sekaligus melatih cara penggunaan teknologi yang berbasis android .

"Mulai dari cara menginstal aplikasi android ke telepon selular dan bagaimana cara mengganti informasi ke papan running text sampai aplikasi tersebut terinstal dengan baik," ujarnya

Pihaknya juga mengevaluasi sejauh mana warga dapat memahami dan mengerti cara memperbarui informasi tersebut.

"Kami mendampingi warga di dalam mengeksplorasi menu dalam aplikasi andorid, bahkan kami lakukan berkali kali sampai warga masyarakat yang mengikuti pelatihan tersebut mahir dan lancar," kata dia.

Tim juga mengingatkan hal yang paling krusial adalah jika baterai CMOS yang ada di running text suatu saat akan habis, jika listrik sering mati.

"Dengan demikian kami berikan juga solusi bagaimana cara mengatasinya, yaitu dengan mengganti baterai CMOS yang ada di running text tersebut," ujarnya

Pada kesempatan itu tim juga memberikan bantuan sound system untuk Pondok Tahfidz Alquran Almahira, AIe Pacah

Ketua Jurusan Teknik Elektro Unand Dr. Eng. Muhammad Ilhamdi Ryusdi mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan karena telah menginstal peralatan teknologi dan mengedukasi masyarakat.

Turut mendampingi anggota tim dari KBK telekomunikasi Teknik Elektro Unand Rudy Fernandez, MT, Hanalde Andre, MT serta Muhammad Luthfi, MT.

Sementara Ketua Pengurus Mushalla Al-Faizin Aie Pacah Erizon, menyambut baik kedatangan tim pengabdian dari KBK Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kedatangan tim dosen yang telah memasang running text di dinding mushalla," katanya.

Ia juga berterima kasih karena tim Unand telah mengedukasi pemanfaatan teknologi yang berbasis android.