Tim UNP Padang gelar pelatihan IoT di SMKN 1 Sungai Limau

id UNP, IoT, SMKN, siswa

Tim UNP Padang gelar pelatihan IoT di SMKN 1 Sungai Limau

Tim foto bersama guru sebelum pelatihan IoT di mulai. (ANTARA/Doc.pribadi)

Padang (ANTARA) - Tim dari Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar pelatihan Internet of Thing (IoT) untuk tenaga pengajar dan siswa di SMKN 1 Sungai Limau, Padang Pariaman.

Pelatihan yang merupakan bagian upaya berbagi pengetahuan dalam rangka untuk menambah kompetensi guru dan siswa seiring dengan cepatnya perubahan teknologi.

Perubahan teknologi yang sangat cepat membawa dampak terhadap perubahan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Pemanfaatan teknologi Internet atau yang sering dikenal dengan istilah Internet of Thing (IoT) begitu cepat, kata Asnil, M.Eng di Padang, Kamis.

Tidak hanya di industri, IoT juga sudah merambah kesemua bidang, bahkan sudah banyak diaplikasikan untuk mengendalikan beban kelistrikan pada perumahan.

"Menghidupkan dan mematikan lampu hanyalah sebagai analogi dari aplikasi lainnya," ungkap Ketua Pelaksana Asnil dalam kegiatan tersebut.

Selain dari ajang berbagi pengetahuan, kegiatan ini juga untuk memotivasi guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media pengajaran untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar.

Apalagi, SMKN 1 Sungai Limau merupakan SMK berbasiskan teknologi yang menjadi salah satu tujuannya adalah menghasilkan lulusan yang terampil dan siap kerja sesuai dengan bidang dan tingkatannya.

Suasana kegiatan pelatihan IoT. (ANTARA/Doc.pribadi)


Kepala Sekolah SMKN 1 Sungai Limau, Akmal menyampaikan IoT juga merupakan salah satu perkembangan teknologi yang harus diikuti oleh guru ataupun siswa jika tidak ingin ketinggalan dari kemajuan teknologi.

Pelatihan yang diadakan adalah bagaimana merancang dan mengaplikaskan IoT untuk keperluan sehari-hari di rumah tangga. Misalnya untuk menghidupkan dan mematikan lampu menggunakan smartphone dan juga untuk mengendalikan beban listrik lainnya.

Kegiatan pelatihan ini merupakan wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dari Universitas Negeri Padang. Kegiatan diketuai oleh Asnil, S.Pd., M.Eng dengan dengan Anggota tim Fivia Eliza, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan diikuti oleh guru dan juga siswa dari SMK N 1 Sungai Limau selama tiga hari mulai pada 28-30 September 2021 lalu.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para guru untuk pengembangan pembelajaran serta ucapan terima kasih tak terhingga kepada tim pelaksana yang telah mau berbagi dengan kami, ujar Mardianus sebagai Waka Kurikulum SMK N 1 Sungai Limau.
Suasana kegiatan pelatihan IoT di SMKN 1 Sungai Limau. (ANTARA/Doc.pribadi)