Peran besar Komunitas peduli alam laut dalam pengelolaan laut i Pariaman

id berita pariaman,berita sumbar,laut

Peran besar Komunitas peduli alam laut dalam pengelolaan laut i Pariaman

Ketua Tabuik Diving Club menjelaskan kegiatannya komunitasnya selama ini kepada Ketua Tim Penilai Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya Bidang Kelautan 2021, Nursyah Rizal. (Antarasumbar/Aadiaat M. S. )

Komunitas dapat memberikan dorongan yang besar (untuk kelautan) dan ini sudah dilakukan oleh Wali Kota Pariaman dengan komunitas Tabuik Diving Club (TDC),
Pariaman (ANTARA) - Tim Penilai Satyalencana Wira Karya 2021 menilai komunitas peduli alam laut di Kota Pariaman, Sumatera Barat memiliki peran yang besar membantu pengelolaan, pengembangan, dan pembangunan kelautan di daerah itu

"Komunitas dapat memberikan dorongan yang besar (untuk kelautan) dan ini sudah dilakukan oleh Wali Kota Pariaman dengan komunitas Tabuik Diving Club (TDC)," kata Ketua Tim Penilai Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya Bidang Kelautan 2021, Nursyah Rizal di Pariaman, Selasa.

Bahkan Wali Kota Pariaman menjadi pembina TDC yang bergerak di bidang konservasi dan edukasi terhadap dunia kelautan.

Ia mengatakan keterlibatan komunitas terhadap kelautan patut diapresiasi karena memberikan edukasi kepada masyarakat luas akan pentingnya menjaga ekosistem laut.

Hingga saat ini diketahui di Kota Pariaman terdapat dua komunitas yang bergerak di bidang kelautan yakni TDC dan Raja Samudra.

Kedatangannya bersama rombongan untuk melihat secara langsung pengelolaan, pengembangan, dan pembangunan kelautan di Kota Pariaman karena wali kota setempat masuk ke dalam 5 besar calon penerima Satya Lencana Wira Karya 2021.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril mengatakan komunitas merupakan mitra dari pemerintah untuk sosialisasi edukasi dan kegiatan yang berhubungan dengan kelautan

"Mereka juga memberikan informasi terkait kegiatan di laut yang dilarang misalnya ada pihak yang merusak terumbu karang," ujarnya.

Sebelumnya Tim Penilai Satyalencana Wira Karya 2021 mengunjungi Kota Pariaman, Sumatera Barat untuk menilai pengelolaan, pengembangan, dan pembangunan kelautan yang dilakukan oleh wali kota setempat bersama jajarannya di daerah itu.

"Kota Pariaman salah satu dari beberapa daerah yang mengusulkan kepada kami (untuk mendapatkan Satyalencana Wira Karya)," kata Nursyah Rizal.

Ia mengatakan setelah dilakukan seleksi administrasi dan teknis maka terpilihlah Pariaman sebagai salah satu dari lima besar untuk mendapatkan tanda kehormatan tersebut.