1.495 tim mahasiswa berkompetisi pada Lomba Inovasi Digital Mahasiswa 2021 di Unand

id LIDM 2021,1.495 tim mahasiswa berkompetisi,berkompetisi pada Lomba Inovasi Digital Mahasiswa,1.495 tim mahasiswa berkomp

1.495 tim mahasiswa berkompetisi pada Lomba Inovasi Digital Mahasiswa 2021 di Unand

Rektor Unand Prof Yuliandri (tengah), Wakil Rektor III Unand Insanul Kamil (kiri) memukul gendang tasa saat pembukaan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa 2021 di Padang, Jumat malam. (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 1.495 tim mahasiswa dari 173 perguruan tinggi negeri dan swasta di Tanah Air berkompetisi pada Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) 2021 yang digelar di Universitas Andalas (Unand) Padang pada 17-20 September 2021.

"Lomba Inovasi Digital Mahasiswa merupakan pentas bagi mahasiswa se-Indonesia untuk adu gagasan dan kreativitas dalam bidang digital diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi," kata Rektor Unand Prof Yuliandri di Padang," Jumat malam pada acara pembukaan.

Menurutnya pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga setelah sebelumnya pada 2020 ditunjuk Universitas Negeri Yogyakarta sebagai tuan rumah.

Tahun ini lomba mengambil tema Peran Inovasi Digital Mahasiswa Dalam mengimplementasikan merdeka belajar Menuju Indonesia Bangkit Berkompetisi Abad 21.

Sementara Wakil Rektor III Unand Insanul Kamil Phd menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan secara daring karena saat ini masih terjadi pandemi COVID-19.

Pelaksanaan lomba meliputi lima divisi yaitu divisi inovasi teknologi digital pendidikan, inovasi materi digital pendidikan, video digital pendidikan, poster digital pendidikan dan microteaching digital.

Kegiatan di Unand pada tahun ini juga bertepatan dengan Dies Natalis Unand ke-65, Lustrum Unand ke-13, Pekan Andalas dengan kegiatan lomba e-sport mahasiswa tingkat nasional, lomba eksplorasi wisata tingkat nasional dan webinar nasional membumikan inovasi digital menuju Indonesia bangkit berkompetisi di Era Industri 4.0 dan society 4.0.

Insanul menilai kegiatan ini amat relevan dengan perkembangan terkini yang dalam keseharian amat dekat dengan berbagai aplikasi dan teknologi digital.

"Kini para mahasiswa berkompetisi untuk menghasilkan karya-karya kreatif di bidang digital yang diharapkan dapat melahirkan berbagai terobosan baru," kata dia.

Terkait keikutsertaan Unand ia menyampaikan terdapat satu tim yang berhasil masuk final pada bidang poster digital pendidikan.