Pandemi COVID-19 tak padamkan inovasi pelaku wisata di Agam

id objek wisata agam,pandemi covid-19,ppkm

Pandemi COVID-19 tak padamkan inovasi pelaku wisata di Agam

Salah satu objek wisata di Agam. (ANTARA/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Pelaku wisata di Kabupaten Agam dan Bukittinggi, Sumatera Barat, berinovasi untuk menarik wisatawan berkunjung selama masa pandemi COVID-19.

"Kita tidak boleh mundur, harus tetap eksis dan berinovasi dalam masa pandemi ini, seperti yang kami lakukan dengan menambah spot menarik di dalam objek wisata," kata salah seorang pelaku wisata di Agam, Eliana, Sabtu.

Objek wisata ramah anak yang berada di Jalan Lintas Bukittinggi - Payakumbuh, Agam ini juga tampak menambah beberapa fasilitas baru seperti Surau Kayu unik, spot benda budaya, hasil tenun masyarakat dan kerajinan tangan lainnya.

Ia mengatakan, memiliki hubungan yang baik atau relasi juga dibutuhkan dalam konsep pengembangan wisata yang dilakukan secara mandiri.

"Sebagai contoh, beberapa kali kami mengundang tokoh masyarakat dan pejabat pemangku jabatan untuk bersilaturahmi dan berinteraksi menambah pengalaman dan pengetahuan berwirausaha," kata dia.

Pihaknya juga memfasilitasi kegiatan sosial kemasyarakatan di daerah objek wisata mandiri yang dikelolanya di Jorong Koto Hilalang, Nagari Lambah, Kabupaten Agam.

"Pernah juga Bapak Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz datang berkunjung ke tempat kami di Green House Lezzata ini, beliau cukup kaget dengan isi dari objek wisata yang ternyata ada spot selain taman bunga di dalamnya," katanya.

Menurutnya, Erwin Yunaz bahkan mengajaknya untuk ikut membantu menggerakkan objek wisata di Kota Payakumbuh.

"Alhamdulillah atas perhatian beliau, tetapi untuk membuka cabang di sana kami belum siap, cukuplah hanya membantu memberi masukan jika diperlukan," kata dia.

Sementara itu, Wali Nagari Lambah Kecamatan Ampek Angkek, Amril Hasan mengatakan pemerintah setempat mendukung seluruh kegiatan positif kepariwisataan dan sosial yang dilakukan pelaku wisata di daerah setempat.

"Selain membuka lapangan pekerjaan bagi anak Nagari Lambah, peningkatan kepariwisataan juga membantu majunya pemerintahan Nagari, apalagi pihak pengelola aktif dalam kegaiatan kemasyarakatan dan sosial," kata Amril Hasan.

Ia menambahkan, pelaku wisata itu juga aktif membantu pembiayaan Rumah Tahfiz, MDA dan TPA, serta selalu merangkul Tim PKK Nagari dalam setiap kegiatannya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021