Dinas Pariwisata Pessel gelar pelatihan digitalisasi branding pemasaran untuk tingkatkan pengetahuan pelaku wisata

id berita sumbar,berita pessel,berita painan

Dinas Pariwisata Pessel gelar pelatihan digitalisasi branding pemasaran untuk tingkatkan pengetahuan pelaku wisata

Dinas Pariwisata Pessel gelar pelatihan digitalisasi branding pemasaran untuk tingkatkan pengetahuan pelaku wisata

Painan (ANTARA) - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Pesisir Selatan, gelar pelatihan Digitalisasi Branding Pemasaran dan Penjualan pada Desa Wisata Homestay/Pondok Wisata, Kuliner, Souvenir, Fotografi.

Kegiatan yang diselenggarakan di Labuan Sunday, Kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan itu, digelar selama 3 hari, mulai Senin (9/8) hingga Rabu (11/8).

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel, Hadi Susilo, melalui Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi Kreatif, Yulnarti, saat pembukaan Rabu (9/8) mengungkapkan bahwa pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi pengelola destinasi dan daya tarik wisata.

Ia berharap agar pengelola dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemasaran pariwisata.

"Harapan saya atas terselenggaranya kegiatan ini, peserta semakin bertambah wawasan teknologinya. Sehingga kampung wisata dapat memanfaatkan dengan maksimal untuk memasarkan produk wisatanya di tengah suasana pandemi Covid-19 saat ini. Sebab pemasaran dan penjualan secara digital adalah yang paling efektif di saat ini," ungkapnya

Ia menambahkan bahwa di masa pandemi Covid-19 saat ini, pelaku usaha dituntut untuk mengoptimalkan pemasaran online dan digital marketing sebagai sarana komunikasi dengan target konsumen.

"Digital marketing yang efektif tidak dapat dipisahkan dari strategi pemasaran mulai dari promosi, kualitas produk, kemasan menarik, dan lainnya. Strategi UMKM untuk bertahan pada masa pandemi Covid-19 yaitu efisiensi, meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan teknologi yang disebut digital marketing," ujarnya.

Pelatihan yang diselenggarakan menghadirkan narasumber diantaranya Emen pemasaran Digital dalam memajukan pariwisata Berdaya Saing, Saria Haris Brand Activator Fotografi untuk promosi Digital.

Materi yang diberikan antara lain Pemasaran Digital dalam Pariwisata, Positioning dan branding Kampung Wisata, Pengembangan Storytelling dalam Pemasaran, Membuat brosur dan e-flyer, Promosi melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, twitter, youtube dan website serta Fotografi untuk Promosi wisata.

Menurut Emen, promosi perlu dilakukan agar produk yang kita miliki bisa dikenal luas oleh masyarakat. Pemasaran bisa dilakukan melalui digitalisasi memanfaatkan media sosial. Sebab sekarang media sosial menjadi referensi utama untuk orang menentukan pilihannya.

"Media sosial harus dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produknya sehingga bisa dikenal luas," katanya