8.962 warga Dharmasraya terima vaksin dosis lengkap

id Vaksin

8.962 warga Dharmasraya terima vaksin dosis lengkap

Plt Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya Yosta Defina. (ANTARA/Ilka Jansen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) mencatat sebanyak 8.926 warga telah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap dalam upaya membentuk kekebalan kelompok untuk mengatasi pandemi COVID-19.

"Kami terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 agar kekebalan kelompok segera dapat terbangun," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya, Yosta Defina, di Pulau Punjung, Minggu.

Ia menyebutkan penerima vaksin dosis lengkap terdiri dari beberapa kalangan, yakni tenaga kesehatan 1.604 jiwa, petugas publik 6.063 jiwa, lansia 601 jiwa, masyarakat umum 668 jiwa, dan usia remaja empat.

Sementara untuk dosis pertama sebanyak 46.423 jiwa telah menerima suntik vaksin dari target 179.257 sasaran hingga 26 Juli 2021 lalu, kata dia.

Ia mengatakan pemerintah setempat kembali melakukan vaksinasi di sejumlah pusat kesehatan masyarakat mulai Senin (2/8) setelah sempat ditunda karena ketersediaan vaksin kosong.

"Mulai besok pelaksanaan vaksinasi difokuskan kepada penyuntikan dosis kedua, selain itu sesuai jadwal juga penerima vaksin harus menerima dosis kedua sehingga tidak terlalu jauh juga jaraknya," katanya.

Ia mengingatkan setelah menjalani vaksinasi COVID-19 masyarakat harus tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat demi mencegah penularan dan penyebaran COVID-19.

Protokol kesehatan yang dilakukan adalah memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas, lanjut dia.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengemukakan vaksin memberikan perlindungan yang efektif terhadap pasien COVID-19 dari risiko kematian.

"Vaksinasi itu mengurangi risiko terhadap gejala sakit berat dan juga tingkat kematian dan juga bisa memberikan perlindungan, karena vaksin bekerja untuk melatih sistem kekebalan tubuh kita," kata Siti Nadia Tarmizi saat hadir secara virtual dalam acara Dialog Produktif Semangat Selasa yang dipantau dari Jakarta, Selasa malam (27/7).
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar