Jumlah penghuni Lapas Talu Pasaman Barat lebihi kapasitas

id berita pasaman barat,berita sumbar,lapas

Jumlah penghuni Lapas Talu Pasaman Barat lebihi kapasitas

Penghuni Lapas Talu Pasaman Barat, Sumbar saat ini melebihi kapasitas daya tampung yang ada. (Antarasumbar/Altas Maulana)

Mudah-mudahan ada solusinya untuk penambahan ruangan atau Rutan baru,
Simpang Empat (ANTARA) - Jumlah penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Talu, Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat sudah melebihi kapasitas daya tampung yang sebenarnya (over kapasitas).

Daya tampung 48 orang, sementara narapidana atau warga binaan saat ini sebanyak 114 orang. Terdapat kelebihan kapasitas sebanyak 66 orang.

"Kapasitas Lapas Talu sudah over kapasitas dengan banyaknya tahanan sementara ruangan terbatas. Terpaksa para tahanan berdesak-desakan," kata Kepala Kepala Lapas, Talu Donni Isa Dermawan di Simpang Empat, Jumat.

Menurutnya mereka membuat tempat tidur dua tingkat agar semua tahanan bisa tertampung di ruagan yang ada.

Selain itu juga memindahkan narapidana yang hukumannya tinggi ke Lapas lain seperti Lapas Bukittinggi, Lubuk Basung dan Padang.

Pihaknya mengharapkan ada solusi penambahan ruangan sehingga para tahanan tidak berdesakan dan sempit.

"Mudah-mudahan ada solusinya untuk penambahan ruangan atau Rutan baru. Sehingga pembinaan dapat berjalan dengan optimal," harapnya.

Ia menyebutkan di tengah pandemi COVID-19 ini pihaknya menerapkan protokol kesehatan ketat kepada narapidana.

"Setiap narapidana kita wajibkan tes usap atau swap tes dan vaksin selain memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghidari kerumunan," sebutnya.

Selain melakukan tes usap juga melaksanakan vaksinisasi sebagai antisipasi penyebaran COVID-19 termasuk petugas Lapas.

Menurutnya hingga saat ini narapidana yang telah menjalani vaksinasi tahap pertama sebanyak 118 orang dan yang belum divaksin tahap pertama sebanyak lima orang.***2***

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021