Ini himbauan Kepala LLDIKTI-X pada sesama PTS untuk meningkatkan kualitas pendidikan

id berita padang,berita sumbar,dikti

Ini himbauan Kepala LLDIKTI-X pada sesama PTS untuk meningkatkan kualitas pendidikan

Kegiatan Penyerahan SK Kemendikbudristek kepada dua perguruan tinggi di LLDIKTI Wilayah X yang berlangsung secara daring, Kamis. (Antarasumbar/Humas LLDIKTI-X)

Kementerian sering mengatakan dalam pembinaan perguruan tinggi perlu diterapkan sharing dan caring yakni saling berbagi dan  saling memperhatikan. Mudah-mudahan akan ada kolaborasi antar perguruan tinggi,
Padang (ANTARA) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Prof Herri mengimbau agar sesama Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bisa saling berbagi dan saling memperhatikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan

Hal itu ia sampaikan dalam kegiatan penyerahan dua SK dari Kemendikbudristek kepada dua perguruan tinggi swasta (PTS) dibawah naungan LLDIKTI Wilayah X yang berlangsung secara daring, di Padang, Kamis.

"Kementerian sering mengatakan dalam pembinaan perguruan tinggi perlu diterapkan sharing dan caring yakni saling berbagi dan saling memperhatikan. Mudah-mudahan akan ada kolaborasi antar perguruan tinggi," ucapnya.

Pihaknya tidak mengharapkan adanya persaingan antar perguruan tinggi, dan meminta sesama PTS bisa saling berkolaborasi untuk peningkatan mutu pendidikan.

Menurut dia, yang menjadi saingan adalah perguruan tinggi yang setiap saat meningkatkan insfratruktur, sistem, dan mengembangkan dosennya mengikuti pendidikan yang lebih tinggi, serta mendorong lahirnya tata kelola yang baik.

"Jadi marilah kita saling berbagi dan memperhatikan untuk sebuah perguruan tinggi yang berkualitas. PTS di Indonesia jumlahnya 60 persen dari perguruan tinggi, kalau PTS tidak berkualitas maka 60 persen SDM kita tidak berkualitas," ucapnya.

Ia mengatakan dalam pembinaan sebuah perguruan tinggi maka integritas dan komitmen benar-benar diharapkan untuk bisa mengelola SDM.

Adapun penyerahan SK tersebut pertama diserahkan kepada Universitas Putera Batam untuk Izin Pembukaan Program Studi Manajemen Program Magister sesuai dengan keputusan Kemendikbudristek nomor 282/E/O/2021.

Kedua, Penyerahan SK nomor 271/E/O/2021 tentang Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan di Kabupaten Pelalawan menjadi Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia yang diselenggarakan oleh Yayasan Amanah Pelalawan.

Dalam kesempatan itu, Rektor Universitas Putera Batam, Dr Nur Elfi Husda, M.Si menyampaikan terimakasih kepada Kepala LLDIKTI Wilayah X beserta Sekretaris Yandri A, MH atas bimbingan yang diberikan selama ini sehingga pihaknya bisa menambah satu program studi lagi.

"Semoga dengan adanya Prodi baru ini kami melaksanakan tugas kami dengan baik untuk Prodi ini dan bisa bermanfaat bagi masyarakat," ujar dia.

Sementara itu Asisten 1/ Sekda Kabupaten Pelalawan, Tengku Mukhlis menyampaikan perubahan bentuk Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan menjadi Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia merupakan kesempatan bagi pemerintah dalam mengembangkan SDM di daerah itu.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021