Ruandu raih Nominasi Anugerah KPAI 2021

id beita padang,berita sumbar,rauandu

Ruandu raih Nominasi Anugerah KPAI 2021

Tangkapan layar Ruandu menerima nominasi kategori lembaga layanan masyarakat peduli anak dalam Anugerah KPAI 2021. (Antarasumbar/HO-Ruandu)

Beberapa program Ruandu Foundation terkait pemenuhan dan perlindungan khusus anak adalah advokasi kebijakan pengendalian tembakau untuk perlindungan anak, pendampingan reintegrasi penyintas Anak Berhadapan Dengan Hukum, pendampingan aksesibilitas hak
Padang (ANTARA) - Yayasan Ruang Anak Dunia (Ruandu) lembaga masyarakat yang fokus pada isu pemenuhan dan perlindungan khusus anak di Sumatera Barat ditetapkan Komisi Perlindungan Anak Indonesia sebagai penerima nominasi kategori lembaga layanan masyarakat peduli anak dalam Anugerah KPAI 2021.

Ketua Ruandu Foundation Muharman di Padang, Jumat, melalui siaran pers yang diterima Antara mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi independensi KPAI sebagai lembaga negara yang bertugas mengedukasi, mengawasi, dan mengevaluasi program nasional

Ruandu Foudation sebagai salah satu penerima nominasi kategori lembaga layanan masyarakat peduli anak dalam Anugerah KPAI 2021 dari 3 lembaga masyarakat tingkat nasional mendedikasikan Anugerah KPAI ini kepada lembaga masyarakat dan pemangku kepentingan di Sumatera Barat dan Nasional yang telah dan sedang bermitra dengan Ruandu Foundation dalam program perlindungan anak.

Beberapa program Ruandu Foundation terkait pemenuhan dan perlindungan khusus anak adalah advokasi kebijakan pengendalian tembakau untuk perlindungan anak, pendampingan reintegrasi penyintas Anak Berhadapan Dengan Hukum, pendampingan aksesibilitas hak anak berkebutuhan khusus terhadap pendidikan.

Pembinaan Forum Anak pada 19 Kabupaten-Kota di Sumatera Barat sebagai pemenuhan hak partisipasi anak, advokasi kebijakan kekerasan seksual anak tingkat nasional dan menjadi tim ahli regulasi dalam pembentukan regulasi perlindungan anak di daerah

Anugerah KPAI ini menjadi pemantik bagi Ruandu dan lembaga lainnya untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi bersama pemangku kepentingan untuk meningkatkan sensitivitas pemenuhan dan perlindungan khusus anak sesuai dengan tugas dan fungsi yang merujuk kepada prinsip-prinsip umum konvensi hak anak.

Selain itu terdapat beberapa kategori Anugerah KPAI 2021 yang diraih oleh Sumatera Barat, yaitu Pemprov Sumbar mendapatkan Komitmen Perlindungan Anak bersama empat provinsi lainnya.

Lalu Pemkab Agam sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten yang memiliki komitmen perlindungan anak.

Kota Bukittinggi dan Kota Pariaman sebagai Pemerintah Kota yang memiliki komitmen perlindungan anak diraih oleh

Lalu kategori tenaga profesi perlindungan anak diberikan kepada Bripka Ari Mulyadi bertugas di Unit PPA Polda Sumbar

Sementara Ketua KPAI Susanto menyampaikan Anugerah KPAI merupakan salah satu upaya pengawasan yang dilakukan KPAI sebagaimana yang diatur dalam UU/35/2014 Tentang Perubahan Atas UU/23/2002 Tentang Perlindungan Anak.

KPAI telah memiliki Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Pelaporan yang dijadikan sebagai salah satu basis data perlindungan anak secara online.

Sehingga mendorong pemangku kepentingan untuk meningkatkan program perlindungan anak dengan mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak. Anugerah KPAI ini telah dilaksanakan sejak 2016 dan bertepatan pada momentum Hari Anak Nasional

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021