Dicanangkan sejak 2016, Tanah Datar sudah miliki 231 rumah tahfiz

id rumah tafizh,tanah datar

Dicanangkan sejak 2016, Tanah Datar sudah miliki 231 rumah tahfiz

Bupati Tanah Datar Eka Putra. (Antara/Etri Saputra)

​​​​​​​Batusangkar, (ANTARA) - Jumlah rumah tahfiz di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat terus bertambah hingga kini berjumlah 231 rumah tahfiz sejak dicanangkan pada 2016.

"Pada 2016, ketika dicanangkannya program kabupaten tahfiz hanya ada enam rumah tahfiz di Tanah Datar. Alhamdulillah pada tahun ini kita telah memiliki 231 rumah tahfiz," kata Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar Selasa.

Ia mengatakan dari sebanyak 231 rumah tahfiz tersebut 14 diantaranya merupakan rumah tahfiz binaan Pemerintah Tanah Datar dan umumnya milik dan dikelola oleh pribadi atau kelompok masyarakat.

Meningkatnya perkembangan rumah tahfiz tersebut juga bukti semangat yang tinggi dari masyarakat dalam mewujudkan kabupaten tahfiz.

Ia mengatakan bahwa saat ini Kabupaten Tanah Datar juga memiliki program unggulan yaitu program satu rumah satu hafidz atau hafizah yang mana sejak setahun yang lalu program tersebut sudah dilaksanakan oleh empat nagari yakni, Nagari Pandai Sikek, Paninjauan, Tanjung Barulak, dan Nagari Rao-Rao.

Ia berharap dengan semangat dan dukungan seluruh masyarakat itu dalam rentan waktu 20 hingga 30 tahun kedepan setengah warga Tanah Datar akan lahir generasi yang hafiz quran.

"Harapan kita dengan semangat dan dukungan dari seluruh masyarakat di Tanah Datar, dalam rentang waktu 20 sampai 30 tahun yang akan datang lebih dari separuh masyarakat Tanah Datar telah hafidz Al Quran, dan akan lahir polisi, tentara, dokter, anggota dewan, bupati dan wakil bupati, dan juga tokoh masyarakat yang hafiz quran," katanya.

Kepala Bagian Kesra Afrizon mengatakan cita-cita Kabupaten Tanah Datar dalam mewujudkan kabupaten tahfiz terus dilakukan dan digalakkan, usaha pencapaian itu dapat dilihat dari terus berkembangnya pondok dan rumah tahfiz.

"Alhamdulillah pada tahun ini kita telah memiliki 231 rumah tahfiz dan 14 diantaranya merupakan rumah tahfiz binaan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar," katanya.