Untuk ini, FPP UNP gencarkan kerja sama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri

id berita padang,berita sumbar,unp

Untuk ini, FPP UNP gencarkan kerja sama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri

Dekan FPP UNP Dra Ernawati, Ph.D (dua kiri) saat menerima surat perjanjian kerja sama yang diserahkan oleh Rektor UNP bersama Wakil Rektor I,III, dan IV di Padang. (antarasumbar/HO-HUMAS UNP Padang)

Kesepakatan itu dalam bentuk kerjasama dengan Dunia Usaha dan Industri (DUDI) serta kerja sama dengan sejumlah Universitas di India terkait dengan beberapa program studi (prodi) di FPP,
Padang (ANTARA) - Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) Universitas Negeri Padang (UNP) tengah gencar melakukan berbagai program kerja sama, baik di dalam dan luar negeri dengan berbagai lembaga.

Dekan FPP UNP Dra Ernawati, Ph.D di Padang, Senin mengatakan pada 2021 ini fakultas yang ia pimpin sudah menyepakati kerja sama internasional dengan Consulate General India.

"Kesepakatan itu dalam bentuk kerjasama dengan Dunia Usaha dan Industri (DUDI) serta kerja sama dengan sejumlah Universitas di India terkait dengan beberapa program studi (prodi) di FPP," ucap Dekan.

Ia menyampaikan beberapa kerja sama yang telah berhasil dilakukan oleh FPP UNP adalah kerja sama dengan Pormonth University London, yang sepakat untuk melakukan kerja sama dalam bidang Tata Rias dan Tekstil pada 2018.

Kemudian ada kerja sama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dalam pengembangan desa wisata pada 2019.

Selanjutnya tercatat pada 2020 ada penandatanganan kerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Maestro Indonesia. Termasuk juga kerja sama dengan lembaga perhotelan, yakni Hotel Balairung Jakarta.

Selain itu kerja sama yang yang dilakukan pada 2020 yang ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D dan Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi.

Kerja sama itu dalam hal penyelenggaraan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Kuliner Minang yang akan dipusatkan di Kota Payakumbuh. Ada lagi kerja sama yang sedang diproses dengan Universiti Teknologi Mara Malaysia (UiTM).

"Seluruh kerja sama ini sejalan dengan gerakan merdeka belajar dan kampus merdeka," kata Dekan lulusan program Doktor dari salah satu universitas ternama di Malaysia itu.

Selain itu pihaknya juga melakukan kerja sama dalam kegiatan pengabdian masyarakat berbentuk desa binaan dan telah mendapatkan penghargaan dari pemerintah.

Berkat adanya sejumlah kerja sama tersebut, mahasiswa FPP UNP telah dapat melaksanakan kegiatan magang di beberapa perusahana atau hotel di sejumlah negara seperti di Cina, Hongkong dan Malaysia.

Di samping itu, melalui kerjasama secara lokal, FPP tetap memperkuatnya dengan lembaga pendidikan dan DUDI yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar