Pemkot upayakan Solok sebagai kota layak anak

id berita solok,berita sumbar,anak

Pemkot upayakan Solok sebagai kota layak anak

Wako Solok Zul Elfian Umar (nomor dua dari kanan). (Antarasumbar/HO-Prokomp Kota Solok)

Komitmen ini sudah kita laksanakan dari tahun 2016,
Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat terus mengupayakan serta menunjukkan komitmen dan kepedulian dalam menjadikan daerah itu sebagai Kota Layak Anak.

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar di Solok, Jumat, mengatakan dalam upaya percepatan terwujudnya Kota Solok sebagai Kota Layak Anak, maka Pemkot telah berkomitmen dan melakukan deklarasi sejak 16 September 2016 pada Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kota Solok.

“Komitmen ini sudah kita laksanakan dari tahun 2016, seluruh OPD, masyarakat dan swasta di Kota Solok melakukan deklarasi pada peringatan hari anak nasional tingkat Kota Solok 16 September 2016," ucapnya.

Menurutnya hal itu merupakan sebagai bentuk kesepakatan bersama dalam menyejahterakan hak-hak anak sebagai penerus generasi masa depan.

Zul mengatakan anak merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia serta bangsa dan negara ini.

"Untuk itu anak harus mendapatkan kesempatan seluas-luasnya agar tumbuh dan berkembang secara optimal baik secara fisik, mental maupun sosialnya," ujar dia.

Selain itu, Pemkot Solok juga mengikuti kegiatan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Kota Layak Anak (KLA) oleh Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak secara virtual melalui konferensi video, Kamis (10/6).

Ia berharap VLH Evaluasi KLA tahun 2021 ini dapat memberikan hasil terbaik dengan perolehan yang meningkat dari tahun sebelumnya.

“Dengan terselenggaranya kegiatan Verifikasi Lapangan Hybrid itu diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar untuk memastikan hak-hak anak dapat terpenuhi di Kota Solok," ujarnya.

Ia berharap juga dapat menjadi acuan dalam membangun komitmen bagi para pembuat kebijakan dalam menyusun program, sehingga ke depannya dapat mewujudkan Kota Solok menuju Kota Layak Anak.

Selain itu, pada 2019 Kota Solok memperoleh penghargaan Kota Layak Anak tingkat madya dan juga memperoleh penghargaan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Penghargaan kabupaten/kota Layak Anak (KLA) merupakan penghargaan bagi kabupaten/kota mempunyai sistem pembangunan yang menjamin Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.