Solok Selatan akan normalisasi Batang Pangian cegah banjir

id berita solok selatan, berita sumbar,batang pangian

Solok Selatan akan normalisasi Batang Pangian cegah banjir

Foto udara kondisi Batang Pangian beserta nendungan yang dibangun oleh PTPN VI saat di tinjau oleh Bupati Solok Selatan, Sabtu. (Antara/HO-Humas Solok Selatan)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat akan melakukan normalisasi Batang Pangian sebagai langkah antisipasi pencegahan banjir di Kecamatan Sangir Balai Janggo.

"Normalisasi batang pangian sudah dipersiapkan dan akan di lakukan selama 400 jam pekerjaan," kata Bupati Solok Selatan Khairunas, di Padang Aro, Minggu.

Ia mengatakan, selain normalisasi Pemerintah Daerah juga sudah berkomunikasi dengan pihak perusahaan yaitu PTPN VI untuk dapat membantu membongkar bendungan yang dibangun agar arus air menjadi lancar.

Pihak perusahaan katanya, sudah berjanji untuk membantu kelancaran pekerjaan normalisasi tersebut, termasuk terkait pembongkaran tanggul itu.

Ia berharap, perusahaan-perusahaan yang ada di Solok Selatan dapat berkolaborasi untuk menyejahterakan masyarakat.

"Saya juga berasal dari pengusaha dan sekarang diamanahi jadi bupati semoga hal itu akan membantu kelancaran komunikasi dengan perusahaan dalam mempercepat pembangunan," ujarnya.

Berdasarkan catatan Pemerintah Kabupaten katanya, ada 16 perusahaan di Solok Selatan termasuk PTPN VI dan di minta kolaborasinya untuk menyukseskan pembangunan dan menyejahterakan masyarakat.

Bupati Solok Selatan sudah melakukan tinjauan ke Batang Pangian yang sering meluap ke pemukiman warga kalau curah hujan tinggi dan melihat bendungan yang dibangun PTPN VI.

Manager PTPN VI Zulkarnain Arianja mengatakan pihaknya siap membantu pemerintah daerah dalam aktifitas pembangunannya.

"Kami dari PTPN VI siap untuk berkolaborasi dan membantu aktivitas pembangunan yang dijalankan pemkab Solok Selatan," ujarnya.