40 CJH Padang Panjang divaksinasi

id Vaksinasi, cjh, padangpanjang, lansia

40 CJH Padang Panjang divaksinasi

Seorang dari 40 CJH Padang Panjang tampak divaksin oleh tenaga medis. (Antara/Fira)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) kembali melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap 40 calon jamaah haji (CJH) asal Kota Padang Panjang pada Jumat (23/4) kemarin.

Para CJH ini mendatangi langsung Pustu Koto Panjang, Kecamatan Padang Panjang Timur untuk menjalani vaksinasi, didampingi keluarga mereka.

Kepala Dinkes, Drs. Nuryanuwar mengatakan, umumnya para CJH ini adalah kelompok lanjut usia (lansia).

“Untuk CJH yang datang ke Pustu Koto Panjang kemarin, terdata ada 40 orang yang masuk daftar pemberangkatan dan akan menjalani vaksinasi COVID-19 dosis pertama. Nanti setelah 28 hari, mereka akan menerima suntikan vaksin dosis kedua,” kata Pak ujang (sapaan akrabnya), Sabtu (24/4).

Menurutnya, karena sebagian besar dari mereka berusia lanjut 60 tahun ke atas, sehingga proses screening tetap harus dilalui dengan sangat ketat, dan atas rekomendasi dokter.

“Mereka cukup antusias untuk divaksin COVID-19. Mereka juga terlihat sehat, bugar, terlihat santai berbincang dengan keluarga dan rekan sesama calon jemaah haji,” ucapnya.

Diketahui, program vaksinasi bagi CJH lansia ini dilakukan sambil menunggu keputusan Pemerintah Arab Saudi untuk pemberangkatan ibadah haji tahun 2021.

Sebagai antisipasi, jika Arab Saudi membuka pelaksanaan haji, maka CJH Indonesia sudah siap. Terlebih jika Arab Saudi memberlakukan sertifikat vaksinasi COVID-19 sebagai syarat haji.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar