Pemkab Agam latih warga binaan Lapas Lubukbasung cara pengelasan

id berita agam,berita sumbar,BLK

Pemkab Agam latih warga binaan Lapas Lubukbasung cara pengelasan

Foto bersama dengan warga binaan sebagai peserta. (Antarasumbar/Istimewa)

Pelatihan itu diadakan di Lapas Kelas Kelas II B Lubukbasung dibawah pembinaan UPT Balai Latih Kerja Agam,
Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, Sumatera Barat melatih 16 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Lubukbasung, cara pengelasan dalam meningkatkan kualitas dan kinerja mereka.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan Agam, Widiastuti di Lubukbasung, Jumat, mengatakan pelatihan berbasis kompetensi sub kejuruan plat welder pengelasan 2F itu diadakan selama 23 hari mulai 5 Maret sampai 2 April 2021.

"Pelatihan itu diadakan di Lapas Kelas Kelas II B Lubukbasung dibawah pembinaan UPT Balai Latih Kerja Agam," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan keterampilan bagi warga binaan di Lapas Kelas II B Lubukbasung, sehingga setelah habisnya masa tahanan dapat membuka usaha secara mandiri maupun bekerja di dunia industri.

Ini mengingat bahwa mereka akan mendapatkan sertifikat nantinya.

"Peserta mendapatkan sertifikat yang bakal digunakan untuk mencari kerja," katanya.

Sementara itu, Asisten III Bidang Adminitrasi Umum Sekretariat Daerah Agam, Junaidi menambahkan pelatihan ini merupakan wujud dan komitmen Pemkab Agam dalam melaksanakan misi RPJMD Agam 2016-2021 dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui optimalisasi sumber daya daerah berbasis pemberdayaan masyarakat yang kreatif dan inovatif.

"Ini untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dengan mengurangi pengangguran dan meningkatkan lapangan kerja," katanya.

Dengan pelatihan ini diharapkan peserta dapat menjadikan pelatihan ini menjadi pilihan ekonomi dengan berwirausaha atau membentuk kelompok kerja dalam mengembangkan keterampilan dan keahlian.

Untuk itu, ikuti pelatihan ini dengan benar dan tekun agar nantinya dapat bekerja dengan terampil.

Kepala Lapas Kelas II B Lubukbasung, Suroto mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Agam yang telah memberikan paket pelatihan bagi warga binaan.

"Kita berharap kerjasama itu bisa berlanjut nantinya, karena pembinaan bukan dari Lapas, tetapi bantuan semua pihak," katanya.

Pada 2021, tambahnya pihaknya menargetkan 70 dari 266 warga binaan dilatih bekerja. Pihaknya menargetkan sekitar 25 persen warga binaan mendapatkan pelatihan.

Lapas Kelas II B Lubukbasung memiliki empat paket paket pelatihan selama 2021. ***1***

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar