Peduli korban banjir Kalimantan Selatan, Tanah Datar salurkan Rp183 juta

id peduli banjir kalimantan selatan,berita tanah datar,berita sumbar

Peduli korban banjir Kalimantan Selatan, Tanah Datar salurkan Rp183 juta

Pemkab Tanah Datar menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Kalimantan Selatan. (Antara/Humas Tanah Datar)

Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat menyalurkan dana sebesar Rp183 juta sumbangan Aparatur Sipil Negara (ASN) daerah itu untuk membantu masyarakat Kalimantan Selatan yang terdampak bencana banjir beberapa waktu lalu.

"Bantuan ini diharapkan bisa meringankan beban dan memenuhi kebutuhan saudara kita yang terdampak banjir," kata Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar, Jumat.

Ia mengatakan selain dana Rp183 juta yang terkumpul melalui Dinas Sosial, juga ada bantuan lain sebesar Rp15 juta yang dikumpulkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Sebelumnya para muzaki atau pemberi zakat diimbau agar menyalurkan bantuan melalui amil zakat yang ada di nagari masing-masing untuk kemudian dikumpulkan di Baznas Tanah Datar.

"Sehingga bantuan yang terkumpul bisa disalurkan kepada masyarakat yang kurang mampu atau masyarakat yang layak menerimanya," katanya.

Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah mengatakan untuk meringankan beban korban terdampak bencana banjir di Kalimantan Selatan pihaknya membantu sebesar Rp15 juta.

Bantuan uang tersebut dikumpulkan dari para donatur maupun dari zakat yang terkumpul di Baznas.

"Bantuan tersebut akan diserahkan pemerintah daerah kepada saudara-saudara di Kalimantan Selatan semoga dapat meringankan beban saudara kita yang menjadi korban banjir tersebut," katanya.

Ia mengatakan ada berbagai program di Baznas Tanah Datar, di antaranya bantuan biaya pendidikan, jaminan berobat bagi lansia, bantuan rehab rumah, bantuan insentif lebaran dan bantuan ekonomi produktif.

"Bantuan itu semua ditujukan untuk masyarakat atau keluarga yang kurang mampu," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar