Sempat terhenti akibat pandemi COVID-19, alek anak nagari pacu jawi kembali digelar

id berita tanah datar,berita sumbar,jawi

Sempat terhenti akibat pandemi COVID-19, alek anak nagari pacu jawi kembali digelar

Sempat terhenti akibat pandemi, alek anak nagari pacu jawi kembali digelar. (Antarasumbar/Istimewa)

Dalam rangka melestarikan nilai-nilai budaya dan menggerakkan kembali ekonomi masyarakat pascapandemi COVID-19 mulai Hari ini Rabu dan tanggal 6 dan 13 Maret 2021 pacu jawi kembali digelar,
Batusangkar (ANTARA) - Alek anak nagari pacu jawi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat kembali digelar setelah sebelumnya sempat terhenti akibat pandemi COVID-19.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Kabupaten Tanah Datar, Efrison di Batusangkar Rabu, mengatakan alek pacu jawi tersebut mulai dibuka hari ini Rabu, (3/3) bertempat di Nagari Cubadak kecamatan Lima Kaum.

"Dalam rangka melestarikan nilai-nilai budaya dan menggerakkan kembali ekonomi masyarakat pascapandemi COVID-19 mulai Hari ini Rabu dan tanggal 6 dan 13 Maret 2021 pacu jawi kembali digelar," katanya.

Ia mengatakan berhubungan masih dimasa pandemi, pelaksanaan pacu jawi akan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak.

Di lokasi acara pihak penyelenggara harus menyediakan tempat cuci tangan, dan pengunjung yang hadir tanpa menggunakan masker dilarang untuk menyaksikan pacu jawi.

Selain itu pihaknya juga akan membatasi jumlah penonton yang datang untuk menghindari aksi kerumunan masyarakat.

Ia berharap dengan menerpkan protokol kesehatan yang disiplin bisa memutus penyebaran COVID-19 terutama disektor pariwisata.

"Ayo datang dan saksikan alek anak nagari pacu jawi sambil menikmati kuliner Nagari Cubadak dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Selain atraksi pacu jawi tempat wisata yang harus dikunjungi bila ke Tanah Datar adalah Emersia waterpark yang berlokasi di pusat Kota Batusangkar atau sekitar dua ratus meter dari Lapangan Cindua Mato arah ke Sungayang.

Meski baru diresmikan oleh pemerintah setempat, destinasi wisata tersebut sudah masuk kategori top 13 destinasi wisata bersama dengan destinasi lainnya di Tanah Datar.

Diantaranya objek wisata Istano Basa Pagaruyung, Nagari Tuo Pariangan, Panorama Puncak Pato, Panorama Tabek Patah, Danau Singkarak, Lembah Anai, Batu Angkek-Angkek.

Puncak Aua Sarumpun, Aia Angek Padang Gantiang, Pandai Sikek, Pasar Van der Capellen, Emersia Waterpark dan Atraksi Pacu Jawi.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar