SPH sediakan fasilitas lengkap Medical Check Up

id berita padang, semen padang

SPH sediakan fasilitas lengkap Medical Check Up

Fasilitas medical check up Semen Padang Hospital (Antara/HO)

Padang (ANTARA) -

Medical Check Up (MCU)merupakan pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk mengetahui status kesehatan seseorang. Pemeriksaan ini bermanfaat untuk skrining atau deteksi dini suatu penyakit serta sebagai usaha untuk memelihara kesehatan secara berkala.

Kepala unit Poliklinik dan MCU Semen Padang Hospital (SPH), dr Frida Yossy Harlinda mengungkapkan, MCU dilakukan sebagai pencegahan yang dilakukan untuk menghindari kekecewaan dan kerugian yang disebabkan oleh gangguan kesehatan yang mendadak. Hasil pemeriksaan diharapkan dapat mengetahui risiko terkena penyakit, mencegah berkembangnya penyakit menjadi lebih serius, dan meningkatkan kualitas hidup.

“Pemeriksaan kesehatan tidak harus dilakukan saat seseorang telah merasakan suatu penyakit di tubuhnya. Jadi melalui pemeriksaan ini, diharapkan suatu penyakit atau gangguan kesehatan bisa dideteksi sejak dini,” ujarnya.

dr. Yossy menjelaskan, MCU idealnya dilakukan sedini mungkin atau saat merasakan gejala suatu penyakit. Usia yang dianjurkan yaitu 35 tahun keatas, tapi bukan berarti dibawah usia 35 tahun tidak memerlukan MCU. Pemeriksaan ini tetap diperlukan apalagi terdapat keluhan suatu penyakit dan dilakukan berkala atau minimal satu kali dalam setahun.

“Dengan melaksanakan Medical Check Up secara berkala, minimal satu tahun sekali, kesehatan Anda akan dapat termonitor dengan baik,” katanya.

“Jika hasil MCU telah keluar, pasien disarankan tetap menerapkan pola hidup seimbang, gizi dan istirahat yang cukup, serta olahraga rutin. Namun, apabila ada temuan abnormal, pasien dianjurkan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis yang sesuai dengan berkaitan,” jelas dr. Yossy.

Sementara itu, dr. Yossy juga menjelaskan terdapat 2 layanan MCU di SPH, yakni MCU biasa dan MCU executive. Alur kedua layanan ini sama, perbedaan hanya di lokasi untuk MCU executive terdapat ruangan tersendiri. Layanan akan diberikan sesuai paket MCU yang dipilih oleh peserta.

Dr. Yossy juga mengungkapkan, di SPH, tim layanan MCU yang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis, serta tenaga medis profesional lainnya siap untuk memberikan layanan kesehatan kepada pasien.

“Lakukanlah MCU secara berkala untuk mengetahui status kesehatan Anda saat ini serta mencegah komplikasi berbagai penyakit seperti diabetes melitus, hipertensi, jantung, dan penyakit kronik lainnya,” imbaunya.

Ia juga menambahkan, untuk pasien yang hendak melakukan MCU, pendaftaran dapat dilakukan melalui unit pendaftaran/admisi SPH dengan membawa kartu identitas.
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar