Tanah Datar ajak wali nagari bangun Pertashop di nagari

id pertashop,pertamina,tanah datar

Tanah Datar ajak wali nagari bangun Pertashop di nagari

Pertamina membuka peluang kemitraan Pertashop kepada para pengusaha yang berminat untuk berinvestasi Pertashop. (ANTARA/HO-Pertamina)

​​​​​​​Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengajak wali nagari di daerah itu untuk mendirikan Pertashop di daerahnya agar kebutuhan bahan bakar minyak bisa terpenuhi.

"Adanya keberadaan Pertashop di nagari diharapkan selain kebutuhan minyak terpenuhi juga membangun daerah menjadi mandiri," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMD PPKB) Tanah Datar Nofenril di Batusangkar Rabu.

Ia mengatakan program Pertashop merupakan kerja sama antara Kementerian Dalam Negeri dengan Pertamina dalam bentuk pengembangan usaha bersama untuk meningkatkan nilai ekonomi dan daya saing masyarakat.

Selain itu juga upaya pemerintah dalam mendekatkan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan bahan bakar minyak di desa.

Dalam mewujudkan tujuan tersebut maka setiap nagari bisa melakukan kerja sama baik kerja sama antar nagari maupun kerja sama dengan pihak ketiga.

"Sehingga nantinya adanya Pertashop tersebut bisa memberikan peluang kepada agari dalam membangun kemandiriannya sekaligus meningkatkan kesejahteraan serta membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat," katanya.

Ia mengaku saat ini telah berdiri beberapa unit Pertashop di beberapa nagari di Tanah Datar, dan Pertashop yang sudah beroperasional sebanyak tiga unit.

Yakni di Nagari Padang Magek Kecamatan Rambatan, Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara, dan Andaleh Baruah Bukik Kecamatan Sungayang.

"Kedepan untuk kita akan kembangkan lagi di nagari lain di Tanah Datar sekaligus meningkatkan kesejahteraan serta membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan untuk pengadaan Pertashop difasilitasi langsung oleh pertamina mulai dari mesin, tangki penampungan dan biaya ongkos kirim ke tempat.

Pertashop sendiri hanya menjual bahan bakar minyak jenis pertamax baik untuk kendaran roda dua maupun kendaraan roda empat dengan harga setara SPBU. (*)