Terbakar, TPS 4 Batuang Bajawek Solok Selatan dipindahkan

id pilkada solok selatan,pilkada serentak,pemungutan suara,bawaslu solok selatan,kpu solok selatan

Terbakar, TPS 4 Batuang Bajawek Solok Selatan dipindahkan

Pendistribusian logistik Pilkada oleh KPU Solok Selatan, Selasa (8/12). (ANTARA/Joko Nugroho)

Padang Aro (ANTARA) - Satu tempat pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan terpaksa dipindahkan karena lokasi awal yang rencananya digunakan untuk pencoblosan, TK Al Muklisin, terbakar pada Selasa malam.

"Lokasi TPS, TK Al Muklisin, yang terbakar untuk TPS 4 di Batuang Bajawek. Lokasi tersebut diketahui terbakar pada Rabu pagi saat petugas akan mempersiapkan TPS," kata anggota Bawaslu Solok Selatan Ade Kurnia saat dihubungi di Padang Aro, Rabu.

Lokasi TPS 4 Batuang Bajawek cukup jauh dari permukiman warga. Belum jelas penyebab terbakarnya lokasi tersebut.

Setelah disetujui oleh Panitia Pemiliha Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Panwascam dan kepolisian akhirnya TPS dipindahkan dari TK Al Muklisin ke Postu Batuang Bajawek yang berjarak sekitar 100 meter.

Saat kejadian kebakaran tidak ada logistik pilkada yang terbakar atau rusak karena sebelum didistribusikan ke TPS diamankan terlebih dahulu di rumah KPPS.

"Pergerakan logistik dari rumah KPPS sekitar jam 6.00 WIB, nah pas sampai di lokasi TPS baru tahu kalau terbakar. Logistik sendiri belum sempat diturunkan," ujarnya.

Ia menambahkan pembuatan TPS baru tidak memakan waktu. Diperkirakan jam 08.00 WIB selesai dibuat dan keinginan pemilih untuk mencoblos tidak terpengaruh dengan terbakarnya lokasi awal.

"Di TPS 4 Batuang Bajawek terdapat 365 daftar pemilih tetap," ujarnya.

Pada Pilkada serentak di Solok Selatan kali ini diikuti oleh tiga pasangan calon, yakni Khairunas-Yulian Efi (Golkar, Demokrat, PPP), Abdul Rahman-Rosmen Efendi (Gerindra,PKS,NasDem), Erwin Ali-Marwan Effendi (PAN, Partai Berkarya, PKB, dan PBB). (*)