Legislator: Nelayan akan dibekali asuransi oleh pemerintah daerah

id DPRD Sumbar,Sumbar,Padang

Legislator: Nelayan akan dibekali asuransi oleh pemerintah daerah

Suasana rapat paripurna DPRD Sumbar (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumatera Barat Muhayatul mengatakan setiap nelayan akan dibekali asuransi oleh pemerintah daerah dan hal ini diatu dalam Rancangan Peraturan Daerah tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan (PPN) yang tengah dibahas bersama.

"Tahapan pembahasan telah masuk dalam finalisasi, tinggal menunggu jadwal badan musyawarah (bamus) kapan bisa diparipurnakan," kata dia.

Menurut dia Ranperda PPN akan membuka akses bagi seluruh nelayan untuk mendapatkan bantuan alat tangkap hingga permodalan dari perbankan.

Terkait asuransi kecelakaan nelayan, akan dilakukan pendataan terlebih dahulu.

"Jika renperda telah disahkan mekanisme untuk mendapatkan akses tersebut akan disosialisasikan, " katanya.

Dia mengatakan untuk jaminan kapal nelayan, pihak perbankan belum bisa memberikan pinjaman permodalan, padahal kapal tersebut bernilai tinggi. Untuk pijaman ini, pihaknya merekomendasikan agar bisa bekerjasama dengan Bank Nagari.

" Sebagai bank daerah mendukung potensi perikanan dan kelautan harus dilakukan," katanya.

Sumatera Barat memiliki potensi sumber daya perikanan tangkap dan kelautan yang cukup besar. Data Kementerian Kelautan, potensi perikanan tangkap mencapai 560 ribu ton per tahun sementara yang tergarap baru sekitar 240 ribu ton.

Pada sisi lain, kehidupan masyarakat nelayan masih berada di bawah garis kemiskinan. Kondisi ini disebabkan banyak faktor. Terutama keterbatasan peralatan dan kemampuan nelayan dalam mengelola potensi tersebut, yang tentunya harus menjadi perhatian pemerintah.