Begini cara Pemkab Solok gali potensi daerah untuk pengembangan pariwisata

id Berita Solok, berita Sumbar, pemkab Solok, pariwisata,pariwisata solok

Begini cara Pemkab Solok gali potensi daerah untuk pengembangan pariwisata

Pemkab Solok gali potensi daerah untuk kembangkan sektor pariwisata (Antara/HO_Humas)

Arosuka, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat melalui Dinas Pariwisata berupaya menggali potensi yang ada di setiap daerah untuk mengembangkan sektor pariwisata dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Semoga usaha yang dilakukan untuk menggerakkan potensi daerah ini dapat meningkatkan daya saing di sektor pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok Nasripul Romika di Arosuka, Rabu.

Romika mengatakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Solok berupa mengadakan kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) kepariwisataan Kabupaten Solok.

Menurut dia kegiatan FGD merupakan salah satu kegiatan untuk menghimpun berbagai permasalahan yang dirasakan pentahelix pariwisata Kabupaten Solok sehingga dapat dicarikan solusi atas permasalahan tersebut.

Kegiatan FGD kepariwisataan tersebut diikuti sebanyak 40 orang yang berasal dari anggota tim percepatan pembangunan pariwisata terpadu (TP3T) Kabupaten Solok, perwakilan asosiasi pariwisata, penggiat wisata, Pokdarwis serta pengelola dan pemilik objek wisata berbasis masyarakat di Kabupaten Solok.

"Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, yakni terhitung sejak Selasa (1/12) hingga hari ini," kata dia.

Romika mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mendiskusikan dan mencari solusi terkait pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Solok.

Selain itu, meningkatkan sumber daya manusia pentahelix pariwisata Kabupaten Solok dan menggerakkan potensi daerah untuk meningkatkan daya saing di sektor pariwisata.

Ia berharap sektor pariwisata di Kabupaten Solok terus meningkat pada 2021 hingga 2024 mendatang.

Di samping itu, Bupati Solok melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Aswirman mengharapkan kegiatan FGD ini dapat menghasilkan keputusan yang dapat mengangkat sektor pariwisata Kabupaten Solok yang lebih baik lagi ke depanya.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan peran TP3T dan pentahelix pariwisata Kabupaten Solok dalam pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Solok.

"Semoga ke depannya Kita dapat mengangkat citra pariwisata Kabupaten Solok serta meningkatkan perekonomian masyarakat," kata dia. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar