Puluhan buruh demo di Kantor Gubernur Sumbar minta naikkan UMP

id berita padang,berita sumbar,demo

Puluhan buruh demo di Kantor Gubernur Sumbar minta naikkan UMP

Puluhan buruh melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Sumbar, Selasa (10/11). (Antarasumbar/FathulAbdi)

Kami meminta pemerintah menaikkan UMP 2021 dinaikkan sebesar 8,5 persen, demi kesejahteraan buruh,
Padang (ANTARA) - Puluhan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) untuk meminta kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2021.

"Kami meminta pemerintah menaikkan UMP 2021 dinaikkan sebesar 8,5 persen, demi kesejahteraan buruh," kata Wakil Ketua I DPW FSMPI Eka Novrianto di Padang, Selasa.

Ia memandang angka UMP saat ini dinilai masih kurang dan tidak sebanding dengan kebutuhan dan pengeluaran keluarga.

Selain itu, lanjutnya jika angka UMP 2021 disamakan dengan 2020 sebesar Rp2.484.041 maka tidak berbanding lurus dengan harga bahan pokok.

"Tidak ada jaminan harga bahan pokok pada tahun datang sama dengan hari ini, sementara besaran UMP nya masih sama, tentu tidak sebanding," jelasnya.

Karena itu massa meminta pemerintah provinsi menaikkan besaran UMP pada 2021.

Dalam aksi yang dimulai sekitar pukul 14.00 WIB, perwakilan pendemo juga diberikan kesempatan beraudensi dengan pihak Pemerintah Provinsi Sumbar yang diterima oleh Kepala Kesbangpol Nazwir, dan lainnya.

Menanggapi tuntutan massa tersebut, Nazwir mengatakan UMP pada 2021 sudah ditetapkan pada 31 Oktober 2020 dengan besaran yang sama pada 2020 yakni sebesar Rp2.484.041.

Ia mengatakan penetapan angka UMP tersebut telah melalui kajian serta beberapa indikator seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan lainnya.

Pada bagian lain, aksi demo dilakukan puluhan massa di depan Kantor Gubernur Sumbar di Jalan Sudirman Padang, mulai pukul 14.00 WIB hingga 16.30 WIB.

Aksi demo dikawal oleh ratusan personel Kepolisian Resor Kota Padang dan berjalan dengan aman dan tertib.

"Kami sifatnya mengawal dan memfasilitasi pendemo, selain itu kami mengapresiasi pendemo yang menyampaikan aspirasi secara damai dan tertib," kata Kepala Kepolisian Resor Kota Padang, AKBP Imran Amir, diwawancarai di lokasi demo.