Pjs Bupati : Integrasi penanggulangan bencana alam penting di Pasaman Barat

id berita pasaman barat,berita sumbar,bencana

Pjs Bupati : Integrasi penanggulangan bencana alam penting di Pasaman Barat

Pjs Bupati Pasaman Barat, Hansastri saat meninjau kesiapsiagaan personil gabungan penanggulangan bencana di halaman Polres Pasaman Barat, Selasa. (antarasumbar/Istimewa)

Penanggulangan bencana harus dilakukan secara bersama dalam rangka harmonisasi peraturan Perundang-Undangan terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi penanggulangan bencana di Pasaman Barat,
Simpang Empat (ANTARA) - Pjs Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Hansastri menilai pengintegrasian penanggulangan bencana alam sangat penting dan menjadi prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah.

"Penanggulangan bencana harus dilakukan secara bersama dalam rangka harmonisasi peraturan Perundang-Undangan terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi penanggulangan bencana di Pasaman Barat," sebutnya usai apel kesiapsigaan bencana alam di Polres Pasaman Barat, Selasa.

Ia menekankan pentingnya dukungan pelaksanaan anggaran yang memadai secara tepat, cepat dan bertanggungjawab sesuai dengan peraturan.

"Dalam penanggulangan bencana juga diperlukan peningkatan kapasitas sumber daya melalui pendidikan dan pelatihan," ujarnya.

Ia menyebutkan dengan bersama-sama juga dapat meningkatkan kualitas data informasi dan pelaporan kejadian bencana melalui optimalisasi pemanfaatan pusat pengendalian operasional dan pelatihan teknologi informasi komunikasi.

"Disamping itu pelaksanakan pembangunan pasca bencana dapat dilakukan lebih baik dan lebih aman dengan memperhatikan kaidah-kaidah pengurangan resiko bencana," katanya.

Kesiapsiagaan bencana, katanya sangat penting dilakukan karena Pasaman Barat merupakan daerah rawan bencana alam seperti banjir, longsor dan abrasi.

"Mudah-mudahan dengan apel gabungan ini dan melihat kesiapsiagaan personil bisa meningkatkan kewaspadaan kita bersama," ujarnya.

Hadir pada kesempatan itu personil Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubunhan dan PMI. ***3***