Petani Sumbar didorong percepatan tanam padi menuju swasembada pangan

id Gubernur sumbar, irwan prayitno, tanam padi serentak, swasembada pangan, sumbar terkini

Petani Sumbar didorong percepatan tanam padi menuju swasembada pangan

Gubernur Irwan Prayitno canangkan percepatan tanam padi menuju ketahanan pangan berkelanjutan di provinsi itu. (Ist)

Padang Pariaman (ANTARA) - Petani di Sumatera Barat didorong untuk melakukan percepatan tanam padi dalam upaya menuju swasembada pangan berkelanjutan di daerah dan secara nasional, kata Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Gubernur menyampaikan hal inj disela-sela kegiatan tanam padi serentak bersama Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni di Pungguang Kasiak Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, Selasa.

Dalam sambutan Irwan Prayitno melakukan gerakan percepatan tanam padi pada musim tanam, guna menjaga ketahanan pangan. Ini sebagai langkah nyata agar terhindar dari krisis pangan sebagai dampak dari pandemi COVID-19.

"Banyak di negara lain mengalami krisis pangan akibat pandemi ini, dunia akan mengalami krisis pangan. Percepatan masa tanam padi ini dimaksudkan untuk mengantisipasi krisis pangan akibat kemarau panjang dan termasuk pandemi COVID-19 di Sumbar," ucap Irwan.

Gubernur Sumbar turun langsung melaksanakan tanam padi dengan sistem tanam jajar legowo. Ia menegaskan gerakan percepatan tanam ini menjadi momentum untuk kembali memperkuat kemandirian pangan di Sumbar dan nasional.

"Kita punya target 3 juta ton di Sumbar, mudah-mudahan target ini tercapai dengan perhatian dan dukungan dari Kementerian pada petani. Bantuan bibit dan pupuk sangat berarti bagi petani disini," kata Irwan.

Selain itu Gubernur Sumbar juga berharap pemerintah daerah yang menjadi lumbung pangan di daerah melakukan percepatan masa tanam.

Untuk itu, demi mendapatkan hasil yang optimal, gubernur juga menugaskan kepada Kepala Dinas Pertanian Sumbar untuk terjun langsung melakukan monitoring masa tanam di masing- masing wilayah.

"Harapan kami dengan dimulainya masa tanam serentak ini bisa wujudkan swasembada pangan berkelanjutan," harapnya.

Sementara itu Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni mengatakan telah dilaksanakan pencanangan gerakan tanam serentak di Padang Pariaman.

Kegiatan itu diawali dengan pencanangan di tingkat kabupaten dan diteruskan di tingkat kecamatan.

Ia berharap gerakan itu dilanjutkan oleh seluruh petani sehingga seluruh sawah sudah ditanami.

"Dukungan dana dan program khusus bidang pertanian yang untuk petani dan penyuluh di Padang Pariaman, yang berkaitan ketahanan pangan seperti upaya khusus (Upsus) peningkatan produksi padi, jagung, kedelai dan komoditi pangan strategis lainnya,"jelasnya.

Sesuai arahan Bapak Gubernur, kata Ali Mukhni target 3 juta ton panen padi, dengan kerja sama seluruh pihak, insyaa Allah tercapai," ujar Ali Mukhni.

"Alhamdulillah, pada tahun lalu terjadi kenaikan produktivitas padi sekitar 5,2 persen. Hal ini merupakan komitmen usaha serta kebersamaan pemangku kepentingan dalam memacu swasembada pangan nasional," tambahnya.
Gubernur Irwan Prayitno canangkan percepatan tanam padi menuju ketahanan pangan berkelanjutan di provinsi itu. (Ist)