Polisi ingatkan pesepeda utamakan keselamatan saat di jalan

id berita padang,berita sumbar,polresta padang,sepeda,kasat lantas

Polisi ingatkan pesepeda utamakan keselamatan saat di jalan

Ratusan pesepeda ikuti Gerakan Last Sunday Ride 2019 di Padang (Antara/Istimewa)

Seandainya lampu sedang merah, ada baiknya pesepeda juga ikut berhenti. Karena pada saat bersamaan lampu yang lain akan hijau dan kendaraan melaju,
Padang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengingatkan agar para pesepeda senantiasa mengutamakan keselamatan diri saat mengayuh di jalan raya.

"Menyikapi fenomena bersepeda yang saat ini tengah populer, kami tetap mengimbau para pesepeda tetap mengutamakan keselamatan diri," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Padang, AKP Sukur Hendri Saputra di Padang, Rabu.

Ia memisalkan yang pertama adalah saat bertemu lampu lalu lintas ketika di persimpangan.

"Seandainya lampu sedang merah, ada baiknya pesepeda juga ikut berhenti. Karena pada saat bersamaan lampu yang lain akan hijau dan kendaraan melaju," tambahnya.

Jika menerobos lampu merah, ujarnya dikhawatirkan akan terjadi tabrakan dengan kendaraan yang datang dari arah lain.

"Pesepeda memang tidak harus berhenti di lampu merah, namun lebih baik ikut berhenti demi mengutamakan keselamatan dan keamanan," jelasnya.

Selain itu, para pesepeda juga diminta mempertimbangkan situasi serta kondisi lalu lintas, terutama pada jam sibuk seperti pagi dan sore hari.

Kepolisian juga mengimbau pesepeda yang mengayuh secara berkelompok agar tidak memenuhi badan jalan.

"Dengan demikian laju kendaraan tidak akan terganggu, dan arus lalu lintas tetap lancar," katanya.

Sejauh ini berdasarkan catatan Polresta Padang, belum ada insiden kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pesepeda di daerah setempat.

"Pada prinsipnya kami tetap mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan masyarakat, salah satunya bersepeda. Namun keamanan, keselamatan, dan ketertiban harus tetap dijaga," jelasnya.

Pada bagian lain, mengayuh sepeda sekarang menjadi salah satu kegiatan yang populer di masa transisi menuju tatanan baru (new normal) di daerah setempat.

Para pengayuh biasanya tampak pada pagi dan sore hari di sejumlah titik. Seperti kawasan GOR H Agus Salim, Pantai Padang, KWT Gunung Padang, dan lainnya.