Pariaman alokasikan Rp1,4 miliar program Pariaman Pintar, berikut perolehan masing-masing siswa

id Kanderi,program Kartu Pariaman Pintar ,Pariaman,berita Pariaman,Pariaman terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Pariaman alokasikan Rp1,4 miliar program Pariaman Pintar, berikut perolehan masing-masing siswa

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S)

Pariaman, (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat mengalokasikan anggaran Rp1,4 miliar untuk program Kartu Pariaman Pintar (KPP) bagi 1.224 siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah itu.

"Kami siapkan data-data penerimanya agar tidak tumpang tindih dengan penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP)," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Kanderi di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan dibuatnya program tersebut karena pihaknya menilai masih ada siswa di daerah itu yang tidak mendapatkan KIP sehingga diperlukan program dari pemerintah daerah untuk menampungnya.

Untuk menampung siswa miskin yang tidak masuk ke dalam KIP Pemkot membuat program Pariaman Pintar atau KPP yang setiap penerimanya mendapatkan Rp800 ribu untuk siswa SD dan Rp1,2 juta untuk siswa SMP yang diserahkah per tahun.

Penyaluran dana tersebut dibagi dua yaitu 60 persen berupa uang tunai yang dapat digunakan untuk uang saku dan pendidikan, sedangkan 40 persen berupa peralatan sekolah yang diberikan setiap tahun kepada penerima.

"Dengan program tersebut maka diharapkan tidak ada lagi warga di Pariaman yang kesulitan membiayai pendidikan anaknya," katanya.

Pihaknya menyebutkan jumlah penerima KIP di Pariaman mencapai 6.377 siswa yang terdiri dari 4.200 siswa SD dan 2.177 siswa SMP.

Pemko Pariaman terus meningkatkan bidang pendidikan guna meningkatkan sumber daya manusia di daerah itu yang akhirnya berdampak pada peningkatan ekonomi.

Adapun program dari Pemkot Pariaman di bidang pendidikan di antaranya Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) untuk beasiswa mahasiswa asal daerah itu, bantuan keuangan khusus untuk SMA sederajat, dan insentif untuk guru dan tenaga kependidikan.

Tahun ini ada lima perguruan tinggi yang menjalin kerja sama dengan Pemko Pariaman untuk Program Saga Saja dengan kuota 100 siswa.

Lima perguruan tinggi yang menjalin kerja sama dengan Pemko Pariaman yaitu Universitas Indonesia dengan kuota 20 mahasiswa, sedangkan sisanya untuk Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman, Politeknik Negeri Padang, Akademi Teknologi Industri Padang, dan Politeknik Pelayaran Sumbar. (*)