UNP terima 2.237 mahasiswa melalui jalur SNMPTN 2020

id berita padang, berita sumbar, unp

UNP terima 2.237 mahasiswa melalui jalur SNMPTN 2020

Rektor UNP Prof Ganefri. (Antara/Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat menerima 2.237 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada tahun ini.

“Pada SNMPTN tahun ini calon mahasiswa yang mendaftar ke UNP sebanyak 15.247 orang, namun yang dinyatakan lulus dan memenuhi standar penilaian hanya 2.237 siswa," kata Rektor UNP, Prof Ganefri saat dihubungi di Padang, Sabtu.

a menjelaskan peminat yang masuk ke UNP tahun sekarang meningkat dibandingkan SNMPTN sebelumnya, padahal peraturan dan persyaratan pada saat ini justru lebih ketat, karena yang boleh mendaftar hanya 40 persen dari akreditasi A, sebelumnya 50 persen.

“Selain itu peminat untuk másuk UNP dari provinsi lain juga mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya,” katanya.

Seluruh calon mahasiswa UNP yang dinyatakan lulus SNMPTN selanjutnya diwajibkan melengkapi segala persyaratan dan dokumen, yang nantinya akan digunakan pada tahapan pendaftaran ulang calon mahasiswa baru jalur SNMPTN 2020.

Tahap pendaftaran ulang calon mahasiswa baru jalur SNMPTN dilakukan secara online mulai 13 s.d 30 April 2020 pada laman http://spmb.unp.ac.id/biodata. Syarat dan prosedur pendaftaran calon mahasiswa baru jalur SNMPTN UNP dapat di lihat pada laman http://spmb.unp.ac.id/.

“Untuk tes kesehatan calon mahasiswa akan ditentukan dalam waktu dekat ini,” katanya

Ganefri menyebutkan pelaksanaan perkuliahan di Universitas Negeri Padang untuk semester Januari–Juni 2020 dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platform http://elearning.unp.ac.id atau platform daring lainnya sampai dengan akhir semester.

Selain itu, Ujian akhir semester juga di laksanakan secara daring sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan yaitu 8 sampai 19 Juni 2020.

Kebijakan tersebut ditegaskan melalui surat edaran Rektor UNP Nomor 1593/UN35/AK/2020 tanggal 6 April 2020 tentang kegiatan kampus dalam rangka Kewaspadaan Pandemi COVID-19.

“Bagi mahasiswa yang kesulitan dalam pengambilan data penelitian dalam penulisan skripsi dapat diganti dengan penulisan artikel ilmiah atau review jurnal ilmiah khusus untuk wisuda Juni 2020 dan ujian Tugas Akhir (skripsi, Thesis, Disertasi) dilaksanakan secara online dan bagi mahasiswa S3 yang akan ujian terbuka diganti dengan mempublikasikan artikel ilmiah di media cetak dan daring (online) yang khusus untuk wisuda Juni 2020,” katanya.