Pasaman Barat tutup semua objek wisata antisipasi penularan COVID-19

id Objek wisata Pohon Seribu,pasaman barat,berita pasaman barat,pasaman barat terkini,tutup semua objek wisata

Pasaman Barat tutup semua objek wisata antisipasi penularan COVID-19

Objek wisata Pohon Seribu di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia merupakan salah satu objek wisata di Pasaman Barat yang ditutup sementara waktu guna mengantisipasi penularan COVID-19. (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menutup semua objek wisata di daerah itu untuk mengantisipasi penularanCorona Virus Disease (COVID-19).

Penutupan objek wisata itu berdasarkan Surat Edaran Bupati Pasaman Barat dengan nomor surat 556/033/DISPAR/III-2020 tertanggal 23 Maret 2020.

"Untuk sementara waktu daerah objek wisata kita tutup dari kunjungan dalam rangka antisipasi COVID-19," kata Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Tantri Desniwarti di Simpang Empat, Kamis.

Dalam edaran tersebut Pemkab Pasaman Barat menutup seluruh tempat objek wisata seperti Pantai Sasak, Pantai Sikabau, Pantai Air Bangis, dan Gunung Talamau dari wisatawan yang berkunjung selama 14 hari kedepan.

"Mulai tanggal 23 Maret sampai dengan 4 April wajib tutup dan diperbolehkan buka kembali setelah kondisi dinyatakan membaik dari COVID-19," tegasnya.

Menurutnya edaran ini sudah dibuat sejak tanggal 23 yang lalu, namun karena ada perubahan makanya baru pada tanggal 26 maret ini bisa di publikasikan.

"Ada sedikit perubahan, makanya baru ini kami sampaikan dan bisa diekspos," ujarnya.

Selain itu dalam surat edaran itu juga berisikan setiap hotel dan rumah makan serta usaha pariwisata lainnya agar menyediakan hand sanitizer atau sarana cuci tangan dengan sabun serta melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap seluruh tamu atau pengunjung yang datang.

"Kepada seluruh pengelola hotel, rumah makan dan objek wisata lainnya untuk memberikan informasi kepada Gugus Tugas apabila ditemukan adanya indikasi terkait penyebaran COVID-19 ini," ujarnya.

Untuk diketahui bersama, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pasaman Barat dapat dihubungi melalui nomor 085263771371 dan 081363444578 serta layanan pengaduan terkait objek wisata dapat menghubungi nomor 081266269100 dan 082174546915.

Sementara itu Koordinator Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pasaman Barat, Edi Busti mengatakan hingga Kamis (26/3) sekitar delapan orang warga Pasaman Barat, masuk salam Orang Dalam Pemantauan (ODP). (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar